Laksanakan Pelepasan PPL Daring Plus 2021, Dekan FTK Harap Mahasiswa Jadi Guru Profesional

Penulis: Sabar Aliansyah Pandjaitan

Gagasanonline.com – Pelepasan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus 2021 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau telah dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti oleh 1.090 Mahasiswi dari 13 prodi tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom serta live streaming di akun Youtube FTK UIN SUSKA Channel pada Senin, (4/10/2021). 
 
Ketua panitia pelaksana PPL, Dicki Hartanto menyampaikan bahwa pelaksanaan PPL tahun ini berlangsung selama 2 bulan lebih terhitung sejak 4 Oktober – 22 Desember 2021 mendatang. Sedangkan untuk pembagian lokasinya sendiri secara umum terbagi menjadi tiga lokasi, yaitu Kota Pekanbaru dengan 754 mahasiswa, Kampar dengan 131 mahasiswa, serta 216 mahasiswa yang memilih lokasi mandiri. Sedangkan untuk dosen pembimbing sebanyak 92 orang. 
 
“Jadi kemaren ketiga awal pendaftar mahasiswa kita beri kesempatan untuk memilih di lokasi mana baik itu Kampar, Pekanbaru, maupun lokasi mandiri” ujar Dicki dikutip dari chanel youtube resmi @FTKUINSUSKA. 
 
 
Selain itu, Dicki menambahkan bahwa untuk mekanisme pelaksanaan PPL sendiri dilakukan secara daring plus dalam artian disesuaikan dengan kondisi sekolah, apabila sekolah melakukan secara tatap muka maka PPL-nya dilakukan secara tatap muka dan apabila dilakukan secara daring maka PPL juga dilakukan secara daring. 
 
“Meskipun begitu, kami menghimbau kepada peserta PPL agar selalu menjaga protokol kesehatan serta hal-hal yang dapat mencegah penyebaran pandemi Covid-19” Ujar Dicky saat menyampaikan kata sambutan.
 
 
Sejalan dengan itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Khairunnas Rajab juga menyampaikan, bahwa pelaksanaan PPL merupakan salah satu bentuk pembekalan yang sangat penting sebagai calon tenaga pengajar profesional. Sehingga harapannya, para mahasiswa PPL dapat menularkan ilmu dan juga  sikap serta emosi yang baik kepada peserta didik, dengan demikian nantinya Indonesia dapat menjadi negeri yang berakhlakul karimah.
 
“Di sini saya ingin menyampaikan, bahwa ada beberapa hal yang meski kalian cari dalam pelaksanaan PPL nantinya, yaitu bagaimana cara mendesain pembelajaran, kemudian cara melaksanakan pembelajaran, serta yang paling penting yaitu cara berinteraksi dengan sesama tenaga pengajar agar nantinya bisa menjadi calon pengajar yang profesional di bidangnya,” tutup Khuirunnas usai melepas peserta PPL Daring Plus 2021. 

Reporter: Sabar Aliansyah Pandjaitan
Editor: Wulan Rahma Fanni
Sumber foto: Tangkapan layar Pelepasan PPL Daring Plus 2021 FTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.