WR III: SMS Pencairan Dana KIP-K Itu Bohong

WR III: SMS Pencairan Dana KIP-K Itu Bohong

Penulis: Winda Julianti Handayani

Gagasanonline.com- Beberapa hari yang lalu sempat beredar broadcast sms mengenai penerimaan dana beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) sebesar empat juta rupiah yang mengatas namakan Wakil Rektor III, Promadi. Mengonfirmasi hal ini Promadi mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mengirimkan pesan tersebut dan pesan dikirim bukan dari nomor telepon miliknya.

“Nomor saya yang ini saja, ini nomor saya satu-satunya. Saya tidak pernah membuat pesan seperti itu. Itu hoaks penipuan,” ujarnya melalui sambungan telepon seluler pada Kamis (3/12/2020).

Promadi mengatakan ia mengetahui kabar penipuan tersebut dari salah seorang mahasiswa yang langsung mengonfirmasi kebenaran sms tersebut kepada dirinya. Menindak lanjuti hal ini Promadi kemudian memerintahkan pihak Kemahasiswaan UIN untuk mengeluarkan pengumuman bahwa broadcast sms yang mengatas namakan dirinya itu adalah suatu kebohongan.

Baca juga: Kepala Perpustakaan UIN: Selama Covid-19 Terlambat Kembalikan Buku Tidak Kena Denda

“Pengumuman jika tidak ada kop surat, tidak ada stempel resmi, jagan dipercayai. Kalau pengumuman sms saja tidak bisa dipertanggung jawabkan,” ucap Promadi.

Sejauh ini pihak Promadi belum mendapat laporan mahasiswa yang berhasil tertipu. Ia mengatakan bahwa selama proses pengurusan KIP-K mahasiswa sama sekali tidak dikenai biaya. Untuk pencairan dana beasiswa sendiri masih dalam proses, menunggu SK (Surat Keputusan) Rektor.

“Bagi Mahasiswa yang sudah berhasil lolos akan dimintai melengkapi berkas dan mengirimkannya ke alamat yang diberikan oleh bagian kemahasiswaan. Informasi selanjutnya mengenai beasiswa KIP-K akan diumumkan melalui website resmi UIN Suska Riau,” tambahnya.

Baca juga: WR III: Bantuan Kuota Internet Masih Terkendala Pendataan Mahasiswa

Promadi menghimbau kepada seluruh mahasiswa jika ada mendapat sms maupun pesan mengenai informasi seputar kampus, hendaknya megkonfirmasi isi pesan tersebut ke pihak rektorat, di bagian kemahasiswaan.

“Himbauan lagi bagi mahasiswa baru tolong hati-hati penipuan jaman sekarang banyak penipuan pakai media, hoaks. Sumber pengumuman semua dari website resmi UIN Suska, zaman sekarang ini banyak orang memanfaatkan kesempatan untuk membuat pengumuman jahat,” tutup Promadi.

Reporter: Winda Julianti Handayani
Editor: Delfi Ana Harahap
Sumber Foto:
Broadcast Whatsapp


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.