Mahasiswa UIN Suska Akan Ikuti KKN Nusantara

Mahasiswa UIN Suska Akan Ikuti KKN Nusantara

Penulis : Dinda Mawaddah**

Gagasanonline.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara yang akan diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se- Indonesia, pada tanggal 11 Januari hingga 11 Februari 2020. Pelaksanaan KKN dilakukan di dua tempat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Maluku. Kamis (05/12/2019)

Pelaksanaan KKN di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertema Membangun Keharmonisan (Peace Building) dengan Koordinator Pelaksana UIN Sunan Ampel Surabaya dan bertema Trauma Healing di Maluku dengan  Koordinator Pelaksana IAIN Ambon, masing-masing Perguruan Tinggi mengirim masing-masing dua orang mahasiswa dan mahasiswi  di setiap lokasi KKN.

Baca Juga: Bukan Milik UIN Suska, Asrama Internasional Tidak Bisa Direnovasi

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Zarkasih mengatakan, KKN Nusantara berbeda dengan KKN Reguler. KKN Nusantara diadakan khusus PTKIN. Peserta KKN Nusantara akan diberi tempat lokasi KKN dan materi khusus yang sesuai dengan tema. Sedangkan, KKN Reguler hanya dilaksanakan di daerah Riau saja, dengan mengangkat tema Literasi Informasi dan Media Sosial.

“Bedanya Jika Mahasiswa tersebut sudah mengikuti KKN Nusantara, maka tidak wajib lagi mengikuti KKN yang diadakan oleh Universitas,” ungkap Zarkasih.

Baca Juga: Dekan FST Himbau Mengaji Bersama Sebelum KBM

Untuk pembiayaan, sudah dipastikan Dinas Pendidikan (Disdik) kampus membiayai seluruh kebutuhan mahasiswa selama di lokasi . Namun, untuk uang transportasi, pihak Dikdis masih mengusahakan mendapat biaya dari kampus.

Zarkasih berharap agar peserta KKN Nusantara bisa menjaga nama baik Institusi UIN Suska Riau, semoga menjadi peserta terbaik selama mereka di lokasi.

 

Reporter : Dinda Mawaddah**, Rachmawati
Editor : Muhammad Al-Hafis**
Foto : Rachmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.