Dekan FST Himbau Mengaji Bersama Sebelum KBM

Dekan FST Himbau Mengaji Bersama Sebelum KBM

Penulis: Abdul Hafidz**

Gagasanonline.com- Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau keluarkan surat edaran himbauan mengaji bersama sebelum mulai kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Regulasi atau surat edaran tersebut wajib dikeluarkan karena kita perguruan tinggi islam dan berdasarkan visi misi UIN Suska Riau integrasi keilmuan.” Jelas Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ahmad Darmawi saat ditemui di ruangannya. Rabu(27/11/2019)

Bukan hanya mengaji, menurut Darmawi tujuan integrasi himbuan mengaji  mengetahui hubungan ayat-ayat alquran dengan matakuliah. Ia menegaskan surat edaran tersebut hanya berupa himbauan, tidak ada unsur pemaksaan, tergantung pada kebijakan dosen yang mengajar.

Baca: Kalab Komunikasi: Semua Mahasiswa Ilkom Bisa Gunakan Lab Komunikasi

Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (SIF) Fikri Razmi berikan tanggapannya soal himbauan mengaji sebelum KBM merupakan  hal yang baik, namun berdampak pada efektivitas waktu yang terpakai.

“Himbauan itu bagus karena kita universitas islam, namun ada konsekuensi waktu yang seharusnya matakuliah 2 sks jadi 1 sks karena waktunya terpakai,” ujarnya.

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (TIF) Muhammad Ma’al Farhan mengatakan baca alquran membuatnya menjadi semangat sebelum KBM dimulai.

“Dengan membaca alquran sebelum mulai perkuliahan lebih termotivasi dan yang pastinya yang dipelajari menjadi berkah,” tuturnya.

Baca: Hukum Permainan Domino

Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Febi Yanto mengatakan surat edaran tersebut memiliki dampak positif yang dapat menenangkan pikiran mahasiswa. Sebelumnya ia tidak memulai perkuliahan dengan mengaji, waktu terasa tidak cukup. Namun setelah ia uji coba selama lebih kurang 3 tahun, waktu terasa lapang.

“Setelah saya coba mengaji sebelum memulai perkuliahan waktu itu terasa lapang, seperti ada keistimewaan-keistimewaan terjadi,” tutup Febi.

 

Reporter: Abdul Hafidz
Editor: Tika Ayu
Foto: Gagasan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.