KKN Bersama 2019 Dilaksanakan di USU

Penulis: M. Abdul Hadi**

Gagasanonline.com – Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bersama tahun ini akan diadakan di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Panitia Seleksi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau telah menyeleksi mahasiswa dari kedelapan fakultas untuk mewakili pelaksanaan KKN Bersama. Kepala LPPM, Zarkasih mengatakan dari 80 mahasiswa yang ikut seleksi terpilih 10 orang. Jumat (17/5/2019).

“Lima orang untuk KKN Bersama dan lima orang lagi untuk KKN Kebangsaan,” tutur Zarkasih.

Baca: Uang Denda Perpustakaan, Terkumpul Hingga Rp. 5 Juta Per Bulan

Dalam penyeleksian, pihak Panitia Seleksi menetapkan dua tes yang harus diikuti oleh mahasiswa. Seleksi pertama yakni administrasi, meliputi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) minimal mahasiswa semester enam, dan menulis esai dengan tema ‘Pengelolaan Ekosistem Laut’. Pada seleksi kedua, mahasiswa diwawancarai seputar keislaman, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan esai yang telah ditulis.

Mahasiswa yang lolos seleksi KKN Bersama yaitu Muhammad Syahwivi (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial), Ditacia Yolanda (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Ahmad Mulyono (Fakultas Pertanian dan Peternakan), Roslina Harahap (Fakultas Syariah dan Hukum), dan Fitri Rosyidah Nur P (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

Baca: PBAK Universitas 2019 Ditiadakan, Nasir: Informasinya Belum Resmi

Zarkasih menerangkan pihak UIN Suska Riau hanya menyediakan biaya transportasi pulang-pergi, sementara uang saku ditanggung mahasiswa sendiri.

Sementara itu UIN Suska Riau telah bekerja sama dengan Angkatan Laut untuk menempatkan mahasiswa di camp pada tiga hari pertama. “Setelah tiga hari mahasiswa akan dikirim ke daerah-daerah lokasi KKN Bersama,” ujar Zarkasih.

Pelaksanaan KKN Bersama dimulai pada 18 Juli hingga 20 Agustus 2019, terdiri dari berbagai kampus di Indonesia. Panitia Pelaksana KKN Bersama akan melakukan pembagian lokasi KKN Bersama di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Zarkasih berharap mahasiswa yang mengikuti KKN Bersama dapat mengemban dan menjaga nama baik Kampus Madani.

Reporter: M. Abdul Hadi** Tengku Wikel Novryan**
Editor: Hendrik Khoirul
Foto: Gagasan/Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.