Mahasiswa Akhir Keluhkan Lamanya Proses Administrasi Bebas Pustaka UIN Suska Riau

Penulis: Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com – Mahasiswa akhir UIN Suska Riau, keluhkan lambatnya administrasi petugas perpustakaan UIN Suska Riau dalam hal pengurusan bebas pustaka dan repository. Terkait hal itu, beberapa mahsiswa terkendala dalam melakukan validasi wisuda. Salah satu mahasiswa Andin bukan nama sebenarnya, ia mengungkapkan sudah menunggu selama tiga hari tapi tak kunjung selesai.

“Dalam websitenya mengatakan  proses pengurusan 2-3 hari kerja, namun yang saya alami sudah tiga hari kerja juga belum selesai,” katanya pada Jumat (21/7/2023).

Baca juga: UIN Suska Riau Taja KKN Internasional di Negeri Kelantan, Malaysia

Selain itu, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Bagus mengatakan walaupun validasi wisuda diperpanjang tapi bukan berarti proses Administrasi harus dilama-lamakan. Bahkan ada yang sampai empat hari pun belum selesai. 

“Biasanyakan setelah upload berkas, bebas pustaka sudah bisa dikeluarkan tapi ini tidak. kalau dilama-lamakan begini gimana mau validasi wisuda,”ungkapnya.

Menurutnya, proses administrasi di Universitas berbanding terbalik dengan fakultas. Dibeberapa fakultas seperti FDK sudah maksimal dan sigap dalam mengurus hal itu.

“Jangan sampai mahasiswa bayar ukt lagi karena lamanya proses bebas pustaka apalagi seperti saya yang sudah semester 12 dan membiayai kuliah sendiri,” jelasnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Rektor UIN Suska Riau Khairunnas Rajab mengatakan bahwa akan mencari solusi untuk hal tersebut.

“Inshaallah nanti dicari solusi,” kata Rektor.

Reporter: Annisatul Fathonah
Editor: Sefrizel Rahayu
Foto: Dok. Yeni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.