Mahasiswa Dilema Informasi Perpanjangan UKT, Ini Kata Rektor

Penulis: Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com – Mendekati masa akhir pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester genap, mahasiswa UIN Suska Riau dilema terkait belum adanya informasi waktu perpanjangan.

Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Arbi Darmawan, menyebut informasi perpanjangan pembayaran UKT sangat dinantikan mahasiswa. Hal tersebut diungkapkannya, lantaran banyak mahasiwa terkendala dalam membayar UKT.

“Saya rasa jika UIN tak mau berikan penurunan atau keringanan UKT seperti dulu lagi, perlu adanya perpanjangan pembayaran,”ucapnya melalui WhatsApp, Selasa (24/01/2023).

Menurut Arbi, karena tak adanya informasi pengajuan keringanan UKT maka perpanjangan UKT sangat diperlukan. Hal ini karena perpanjangan tersebut bisa meringankan beban mahasiswa dalam pembayaran ketika pemulihan ekonomi pasca pandemi seperti saat ini.

Senada dengan Arbi, mahasiswa Fakultas Psikologi (Fpsi) Khairul Fadli, juga mempertanyakan informasi perpanjangan tersebut. Dia berharap pihak kampus dapat memberikan perpanjangan pembayaran seperti semester sebelumnya, hal itu karena bisa membantu mahasiswa yang masih terkendala membayar UKT.

“Sehingga saya dan mahasiswa lainnya masih punya kesempatan dalam mengikuti proses perkuliahan di semester depan nantinya,”ucapnya.

Penantian perpanjangan UKT juga disampaikan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Nindia Putri. Dia mengungkapkan, lantaran tingginya UKT yang harus dibayarkan, hingga kini dirinya masih terkendala untuk membayar UKT.

“Apalagi saat ini kondisi masih dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Khairunnas Rajab selaku Rektor UIN Suska Riau mengatakan kemungkinan perpanjangan UKT masih dalam proses pengkajian. Dia menyebut perpanjangan UKT bisa dilakukan sesuai dengan keadaan.

“Lihat kondisi nantinya,” katanya.

Reporter: Annisatul Fathonah
Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: tangkapan layar surat edaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.