Jadi Korban Ciki Ngebul, Anak 6 Tahun di Jember Alami Infeksi Pencernaan

Penulis: Fani Safitri

Gagasanonline.com – Ciki ngebul yang kerap disebut snack dragon smoke merupakan jajanan kekinian yang banyak dijual dan dicari karena keunikannya. Saat dikonsumsi, makanan ringan warna- warni ini dapat mengeluarkan asap yang berasal dari nitrogen cair. Ternyata jajanan tersebut dapat membahayakan kesehatan.

Seorang anak 6 tahun berinisial G di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Jawa Timur harus menjalani operasi akibat infeksi saluran pencernaan setelah mengkonsumsi ciki ngebul.

Kasus tersebut berawal ketika korban bersama keluarganya pergi ke Kecamatan Kencong pada 30 Januari 2022 lalu. Dimana ia sempat membeli jajanan berasap tersebut.

Mengutip dari kompas.com, Awalnya korban tidak merasakan gejala apa pun. Namun, keesokan harinya timbul gejala seperti mual, muntah, diare, dan nyeri. Pihak keluarga langsung membawa korban berobat.

Dilansir dari liputan6.com, gejala tersebut terus timbul selama beberapa hari kemudian dan hasil diagnosanya anak itu dinyatakan mengalami infeksi pada pencernaan, kemudian dilakukan pemeriksaan dan diperlukan tindakan operasi bedah.

“Pasien anak tersebut sudah menjalani operasi dan kondisinya dikabarkan membaik di salah satu rumah sakit swasta di Jember, namun masih perlu penangnan intensif dari tim medis. Kami terus memantau perkembanganya,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Koeshar Yudyarto,Sabtu (14/1/2023).

Dengan adanya kejadian ini pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember sudah menyampaikan peristiwa tersebut pada Dinkes Provinsi Jawa Timur. Selain itu juga diadakan sosialisasi pada masyarakat dan penjual ciki ngebul terkait kandungannya yang diduga berbahaya.

Editor: Annisatul Fathonah
Foto: ngopibareng.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.