Mahasiswa Pendidikan Kimia Raih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Penulis: Fira Wahyuni Putri**

Gagasanonline- Mahasiswa UIN Suska Riau meraih juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Kimia yang diadakan oleh Universitas Andalas.

Mengenai sistem perlombaan yang diikutinya, Amelia menjelaskan terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan. Pertama seleksi Abstrak secara online, kemudian yang dinyatakan lulus abstrak dilanjutkan dengan penyusunan full paper. Jika lulus tahap full paper, peserta diminta untuk mempresentasikan karyanya secara offline pada tanggal 21-23 September 2022.

Amelia mengungkapkan harus mempersiapkan komitmen penuh untuk menyelesaikan tahap-tahap lomba tepat waktu. “Persiapan kami lebih kurang sebulan dimulai dengan menentukan tema, penyelesaian penelitian dan full paper,” katanya saat diwawancarai via WhatsApp pada Rabu (02/11/2022).

Dalam perlombaan ini, ia terkendala dari segi waktu pengantaran paper yang singkat. “Kendalanya banyak, salah satunya pengantaran paper yang cepat, namun proses yang harus kami lakukan cukup banyak sehingga dalam pembuatan paper akhir sedikit tergesa-gesa,” ucapnya.

Amelia mengaku mengikuti lomba ini karena ketertarikannya pada dunia menulis. “Mencari pengalaman, mengasah kemampuan menulis dan mengembangkan ide penelitian yang dapat dimanfaatkan bagi lingkungan dan masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan Amelia, Nurul mengungkapkan mengikuti lomba ini karena termotivasi untuk membuat nama UIN Suska Riau lebih dikenal ditingkat nasional maupun internasional. “Saya ingin berkontribusi untuk meningkatkan akreditasi jurusan, fakultas, dan UIN Suska,” katanya saat diwawancarai pada Rabu (02/11/2022).

Nurul berharap kedepannya dapat mengharumkan nama UIN Suska Riau dengan mencetak prestasi pada lomba-lomba lainnya.

“Saya ingin meningkatkan semangat rekan jurusan dan UIN Suska untuk terus berproses dan mengambil peluang,” tutupnya.

Reporter: Fira Wahyuni Putri**
Editor: Ashila Razani
Foto: Peserta lomba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.