Gedung Laboratorium Terpadu UIN Suska Riau Sudah Digunakan, Kabag Umum: Masih Perlu Renovasi

Penulis : Annisa Al Zikri

Gagasanonline.com- Gedung laboratorium terpadu UIN Suska Riau sudah mulai digunakan sejak awal perkuliahan semester genap tahun ajaran 2021-2022 dan masih perlu renovasi di beberapa bagian.

Kepala Bagian (Kabag) Umum, Muhammad Nasir mejelaskan bahwa ada tiga fakultas yang menggunakan gedung tersebut sebagai laboratorium dasar, diantaranya Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), hal tersebut sesui dengan putusan dalam rapat pimpinan.

Meski begitu, pemanfaatan laboratorium tersebut belum sepenuhnya optimal, dikarenakan sebagian fakultas belum berani menempatkan alat-alat praktik di laboratorium tersebut demi keamanan.

“Alat-alat praktikum itu sudah ada diprogram studi masing-masing tinggal ditempatkan saja” ujar Nasir saat diwawancara di ruangannya, Rabu (12/10/2022).

Nasir juga menjelaskan bahwa untuk fasilitas keamanan di laboratorium hanya ada CCTV dan penjagaan dari pihak keamanan sedang untuk pendukung lainnya sedang dalam perancanaan dan akan dilengkapi untuk priode mendatang.

“Karna itu, ada sebagai fakultas yang belum menggunakan laboratorium itu karena tidak berani menempati alat-alat praktek disana,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwasanya gedung tersebut juga sedang dalam proses perbaikan dibeberapa bagian seperti gedung hijau di bagian finishing yang sedikit keluar dari struktur bangunannya dan perlu direnovasi.

“Terkait trali untuk gedung akan segera dipasang dalam waktu dekat ini,” tambah Nasir.

Menanggapi hal tersbut, Reyna Tika Pratama selaku mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia mengungkapkan, bahwa mereka sudah menggunakan laboratorium dari semester empat hingga sekarang.

“Bersyukur sekali sudah ada laboratorium, sebab khusus Jurusan Kimia itu memang hari-harinya menggunakan labor,” ujar Reyna.

Reyna berharap laboratorium tersebut dapat digunakan lebih baik lagi dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Sehingga dapat dikembangkan sesuai perkembangan zaman.

“Dengan adanya laboratorium yang layak dan terdepan, moga bisa menjadi daya tarik agar UIN Suska Riau lebih maju lagi,” pungkasnya.

Reporter  : Annisa Al Zikri, Dewi cahyarani**
Editor       : Sabar Aliansyah Panjaitan
Foto           : doc.Gagasan/MHD Azhima

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.