Penuhi Tuntutan Akreditasi, Perpustakaan UIN Suska Terapkan Pelayanan Baru

Penulis : Annisa Al Zikri 

Gagasanonline.com – Perpustakaan UIN Suska Riau menerapkan program pelayanan baru dalam kunjungan perpustakaan, mulai dari absensi hingga peminjaman dan pengembalian buku.

Pustakawan Ahli Muda dan Koordinator Layanan Teknologi Informasi, Ari Eka Wahyudi mengungkapkan perpustakaan sedang berbenah untuk menerapkan aplikasi yang baru.

“Sebenarnya program ini akan diterapkan sejak 2019, namun karena pandemi maka tertunda untuk penerapannya. Tahun ini kita akan running dan uji ke mahasiswa, sehingga layanan ini terus dikembangkan hingga tahun selanjutnya,” ungkapnya saat di wawancarai pada, Rabu (12/10/2022)

Ari melanjutkan, pihaknya akan mengadakan pelayanan serupa dengan mengikuti perkembangan teknologi. “Kita melihat dalam setiap generasi memiliki perkembangan teknologi masing-masing, maka kita ikuti perkembangan teknologi itu,” ujarnya

Senada dengan Ari, Kepala Perpustakaan Muhammad Tawwaf mangatakan program ini sebagai tuntutan akreditasi untuk standarisasi perpustakaan. Tujuannya untuk memudahkan pihak perpustakaan mengetahui kunjugan mahasiswa.

“Terkait ini kita harus akomodasi semua, mulai dari melihat tujuan mahasiswa ke perpustakaan. Sebab standarisasi perpustakaan itu akreditasi. Jika akreditasinya bagus, maka pelayanannya juga bagus,” ujar Tawwaf.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Suci khoirani menilai layanan baru di perpustakaan mempermudah mahasiswa terutama dalam peminjaman buku.

“Untuk peminjaman buku lebih terdaftar dan tersusun karena setiap peminjam akan muncul di monitor buku apa saja yang kita pinjam, mulai dari nama dan judulnya,” kata Suci.

Menurutnya, pelayanan absensi dan peminjam buku juga sudah lebih jelas, namun sangat disayangkan ada beberapa kendala yang membuat mahasiswa kesulitan.

“Sayangnya tidak semua tempat dan meja yang memiliki colokan listrik. Selain itu WiFi juga tidak dipasangkan di setiap lantai, sehingga mahasiswa sedikit kesulitan untuk mengakses jika terkendala jaringan,” tutup Suci.

Reporter : Annisa Al zikri, Yulvira*, Dewi Cahyarani**

Editor : Annisa Firdausi

Foto : dok.Gagasan/Annisa Al zikri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.