10 Negara Terkecil di Dunia, Vatikan hanya Seluas 0,44 Kilometer

Penulis : Widi Anggraini Putri

Gagasanonline.com – Wilayah menjadi salah satu unsur sebuah negara berdaulat. Ini lantaran wilayah mempunyai fungsi utama sebagai tempat hunian masyarakat dan pemerintahan.

Diketahui, negara-negara di dunia memiliki luas wilayah berbeda-beda. Ada negara yang memiliki luas wilayah sangat kecil, dan ada pula negara dengan wilayah yang sangat luas.

Berikut daftar negara-negara yang memiliki luas wilayah terkecil di dunia.

1.Vatikan

Mengutip World Atlas, Vatikan disebut sebagai negara-kota yang berdaulat di dalam Kota Roma, Italia. Menyandang status sebagai negara terkecil di dunia, Vatikan hanya memiliki luas wilayah sebesar 0,44 kilometer persegi.

Negara dengan jumlah penduduk 800-900 orang ini menjadi negara berpengaruh bagi agama Katolik, pasalnya Vatikan disebut sebagai Tahta Suci dan menjadi pusat spiritual gereja Katolik Roma dan rumah Paus. Sistem pemerintahan negara ini adalah monarki elektif gerejawi, dimana kepala negaranya adalah Paus.

2. Monako

Negara yang memiliki bendera resmi yang mirip dengan Indonesia ini masuk dalam jajaran negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya sebesar 2,02 kilometer persegi. Besar negara Monako adalah lima kali lipat kota Sibolga yang menjadi kota terkecil di Indonesia. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan monarki konstitusional dengan jumlah penduduk sekitar 39.000 orang.

Monako terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Secara geografis, Prancis mengelilingi negara ini dari sisi daratan. Sumber perekonomian Monako berasal dari industri pariwisata dan perbankan. Ibu kota negara ini adalah Monte Carlo yang menjadi kawasan resor terkenal untuk kaum elit di dunia.

3. Nauru

Negara Nauru merupakan negara pulau dengan luas wilayah sebesar 20 kilometer persegi di selatan Samudra Pasifik. Mengutip laman cia.gov, Nauru memiliki populasi sebanyak 12.000-13.000 orang dengan pemeluk agama mayoritas protestan.

Negara dengan sistem pemerintahan parlementer ini memiliki komoditas ekspor yaitu ikan, dan tambang fosfat. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya seperti air, dan makanan, Nauru mengimpornya dari Australia dan Taiwan.

4. Tuvalu

Tuvalu adalah negara yang menempati pulau atol atau pulau karang di barat-tengah samudra pasifik. Negara ini memiliki luas sebesar 26 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 11.500 orang.

Negara yang beribu kota Funafuti ini tidak memiliki sungai, karenanya kebutuhan air diperoleh menggunakan sistem resapan dan dialirkan ke fasilitas penyimpanan. Tuvalu memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer di bawah persemakmuran Inggris. Negara ini terancam tenggelam karena pemanasan global yang menyebabkan meningkatnya permukaan air yang kamudian mengikis garis pantai.

5. San Marino

San Marino adalah negara kota yang terletak ditengah Italia dengan luas wilayah 61 kilometer persegi. Negara ini menganut sistem pemerintahan republik parlementer dengan jumlah penduduk 33.785 orang.

Mengutip ThoughtCo, San Marino disebut sebagai negara tertua di Eropa karena telah berdiri jauh sebelum era Renaisans, dan menjadi salah satu negara sisa dari berbagai negara-kota yang pernah berdiri dengan pemerintahan sendiri di Italia.

6. Liechtenstein

Negara yang terletak diantara Austria dan Swiss ini memiliki luas wilayah sekitar 160 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 38.000 dan 39.000 orang. Liechtenstein berada pada kawasan Pegunungan Alpen. Negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional ini memiliki sektor perekonomian utama di bidang pariwisata dan perbankan asing yang terkenal menjamin kerahasiaan kliennya.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall adalah negara kepulauan yang berdiri diatas pulau-pulau karang dengan luas 181 kilometer persegi. Negara ini memiliki pulau-pulau kecil sebanyak lebih dari 1.000 pulau dengan jumlah penduduk 58.500 orang.

Kepulauan Marshall terletak di antara Hawaii dan Australia, dan dekat dengan khatulistiwa. Terdapat pengkalan militer Amerika Serikat di negara ini yang membantu pertahanan dan keamanan negara, dan menjadi lokasi jangkauan uji coba rudal oleh militer Amerika Serikat.

8. Saint Kitts dan Nevis

Negara persemakmuran ini terletak di timur laut Karibia dengan luas 261 kilometer persegi yang tersebar di dua pulau. Saint Kitts dan Nevis menjadi negara terkecil di benua Amerika dengan jumlah penduduk sebanyak 54.488 orang. Negara dua pulau ini dulunya memiliki sektor utama perekonomian berupa industri tebu, namun kini bergantung pada pariwisata.

9. Maladewa

Negara kepulauan yang terletak di Samudra Hindia ini memiliki luas sebesar 297 kilometer persegi. Jumlah penduduk Maladewa ialah lebih dari 500.000 orang yang menghuni 200 dari 1.190 pulau di wilayah ini.

Titik tertinggi Maladewa hanya empat kaki di atas permukaan laut, sehingga disebut sebagai negara dengan daratan terendah di dunia. Negara mayoritas muslim ini terkenal dengan wisata pantainya yang mengagumkan.

10. Malta

Malta terletak di tengah laut mediterania dengan luas wilayah 316 kilometer persegi. Negara yang dihuni oleh 464.186 orang ini berdiri di kawasan Eropa selatan dengan sistem pemerintahan republik perlementer. Negara beribu kota Valetta ini memiliki titik tertinggi hanya mencapai 830 kaki di kawasan Ta’Dmerjrek.

Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.