Ingin Mengisi Waktu Libur Menjadi Berkesan? Berikut 5 Rekomendasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Penulis: Ristiara Putri Hariati

Gagasanonline.com – Gaya hidup seorang mahasiswa cenderung dinamis dan unstoppuble, itu karena mereka selalu disibukkan dengan berbagai tugas kuliah dan kegiatan lainnya baik intra maupun ekstra kampus.

Namun, kehidupan dinamis itu tak berlangsung sepanjang mahasiswa tersebut kuliah. Saat libur semester tiba, mereka akan melepas sejenak kegiatan yang berhubungan dengan kampus. Ini untuk mengistirahatkan rasa penat dan lelah mereka ketika menjalani proses kuliah.

Kebanyakan orang mengisi waktu libur dengan melakukan healing, seperti nongki bersama teman-teman, berbelanja, serta kegiatan menyenangkan lainnya. Akan tetapi, tak elok rasanya bila mengisi libur hanya dengan bersenang-senang. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu libur supaya lebih berkesan:

1.Mengikuti kursus

Yap! Kamu bisa meningkatkan skill-mu di suatu bidang untuk mewujudkan cita-citamu lebih dekat. Selain itu, pilih kursus yang relatif aman dikantong mahasiswa. Daripada uangmu terus-terusan untuk nongkrong sampai larut, lebih baik dibeli skill yang bisa berguna pada jangka panjang.

2. Part-time

Memiliki suatu keahlian, terlebih bila keahlian itu banyak dibutuhkan, melamar pekerjaan juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur semestermu. Mengutip campuspedia.id, tak hanya sekadar mengisi waktu, dengan memiliki pengalaman kerja, kamu bisa memberikan nilai tambah bila nanti ingin mencari pekerjaan.

Selain menambah pengalaman bekerja, kamu juga bisa menghasilkan cuan untuk memenuhi gaya hidupmu. Indonesia memiliki cukup banyak tempat kerja part-time. Seperti mini market, cafe, dan lain sebagainya. Selain pengalaman dan cuan kamu bisa menambah kenalan atau relasi lebih luas lagi.

3. Menjadi relawan

Relawan berarti kamu membantu tanpa mengharap imbalan. Mengutip laman stiedwimulya.ac.id, ada banyak organisasi relawan yang bisa kamu ikuti, mulai dari lingkungan kampus bahkan nasional. Pun kegiatan relawan ada banyak macamnya, seperti pendidikan, sosial, kesehatan, sampai proyek pembersihan sampah. Kamu bisa mengikuti yang sesuai dengan passion-mu.

4. Backpacker

Siapa yang tak suka travelling? Pastinya semua orang menyukainya, termasuk kamu. Ini kegiatan yang paling digemari kaula muda, solo atau pun rombongan, karena semua akan menyenangkan. Perjalanan wisata ini bisa kamu jalani dengan jasa agen wisata maupun tidak. Akan tetapi kamu harus memperhatikan matang-matang mulai dari penginapan, tujuan travelling, rute perjalanan hingga keamanan daerah yang ingin kamu kunjungi agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Belajar bahasa asing

Ragamnya bahasa di dunia dan arus globalisasi yang laju membuat kita harus mempelajari setidaknya satu bahasa ibu dan bahasa asing. Tak peduli bahasa apapun itu yang kamu sukai dan pelajari, karena pastinya akan sangat berguna untuk kamu. Terlebih lagi bila kamu melanjutkan studi atau melakukan perjalanan ke luar negeri.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu saat libur semester. Semangat terus ya!

Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.