Mahasiswa Teknik Elektro Inisiatif Perbaiki Jalan Kampus

Penulis : Ristiara Putri Hariati**

Gagasanonline.com – Diakibatkan banyaknya pengendara yang menjadi korban jalan rusak di UIN Suska Riau, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknik (FST) khususnya program studi Teknik Elektro berinisiatif melakukan penimbunan jalan disekitar FST, Kamis (02/06/2022).

Tri Parlan Zaputra mahasiswa program studi Teknik Elektro, ia mengakui bahwa mahasiswa terjadi kecelakaan pada jalan yang rusak di sekitar FST. Bahkan mahasiswa FST pun pernah menjadi korbannya.

“Ada beberapa kecelakaan diakibatkan jalan yang rusak itu. Bahkan beberapa minggu yang lalu dari rekan kami juga mengalami kecelakaan di sekitar sini,” katanya.

Baca : Wakil Dekan Ushuluddin Diduga Pukul dan Aniaya Mahasiswanya

Sebab jalan yang kurang nyaman membuat mahasiswa Teknik Elektro berinisiatif membuat spanduk protes terhadap petinggi Universitas sekaligus sedikit memperbaiki keadaan jalan yang rusak dan menimbunnya dengan tanah kuning. Perbaikan tersebut melibatkan delapan mahasiswa untuk pembuatan dan pemasangan spanduk. Sedangkan penimbunan jalan melibatkan empat orang mahasiswa.

“Dikarenakan teman-teman resah dengan keadaan jalan, kami berinisiatif memperbaikinya dengan menimbunnya dengan tanah kuning. Karna sebelumnya teman kami sendiri mengalami kecelakaan,” ucap Andi salah satu mahasiswa yang turut berpartisipasi.

Terkait undang-undang, Andi mengungkapkan bahwa ia kecewa terhadap UIN yang tidak menindak lanjuti mengenai jalan yang rusak tersebut hingga bertahun-tahun. Menurutnya UIN belum memenuhi standar dengan label Universitas Negeri sebab sarana dalam berpendidikan belum memadai, termasuk jalan yang rusak.

Baca : Mahasiswa Feis UIN Suska Riau Raih Juara Tiga Scrabble Competition

Kita berinisiatif untuk membuat spanduk lalu kita juga menimbun jalan,
untuk menghindari kecelakaan agar tidak terjadi lagi dan kita juga bisa nyaman dalam berkendaraan.

 “Karna dalam peraturan perundang-undangan kita di tuntut berpendidikan itu harus nyaman, salah satunya akses jalan,” sambung Alan.

Mengenai tanggapan Alan, terhadap kerja sama MoU yang juga dinyatakan rektor UIN Suska Riau, Hairunnas mengatakan perbaikan jalan akan didanai oleh Pemkot Pekanbaru.

“Semoga di percepat,” ucapnya singkat.

Ia pun menegaskan, jika perencanaan tersebut tidak terealisasikan maka akan ditindak lanjuti yang akan mereka lakukan.

“Jika jalan tidak di proses juga maka akan ada tindakan lanjut.” tegasnya.

Alan berharap, semoga kerjasama dengan Pemkot Pekanbaru terkait perbaikan jalanan kampus segera terealisasikan dalam waktu cepat agar berkendara di UIN Suska Riau lebih nyaman.

Selain itu, Andi juga berharap pembangunan fasilitas dan sarana-sarana baru bagi mahasiswa dapat menjadi satu motivasi bersama untuk terus maju. Serta perlu diperhatikan juga bahwa seluruh civitas akademika memiliki tanggung jawab yang besar untuk merawat dan menghemat serta menjaga fasilitas yang ada.

 

Reporter : Ristiara Putri Hariati**
Editor : Sefrizel Rahayu
Sumber foto : Dok. Gagasan / Annisatul Fathonah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.