Mahasiswa Harap Sema Universitas Segera Selesaikan Pemilihan Ketua Dema UIN Suska

Penulis: Annisatul Fathonah*

Gagasanonline.com- Setahun pasca batalnya Alhafiz sebagai Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema-U), UIN Suska tak kunjung miliki sosok Ketua Dema-U. Per 1 April 2022, kelanjutan Dema-U baru sampai proses pendaftaran calon ketua dan wakil ketua.

Menanggapi permasalahan ini, Ketua Dema Fakultas Sains dan Teknologi (Dema FST) Mochammad Adhitya mengatakan, sebaiknya pemilihan Dema-U segera diselesaikan. Menurut Adhitya, keberadaan Ketua Dema-U sangat penting dan dibutuhkan, terutama dalam jalur koordinasi antar Dema-F.

“Harapannya Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U) dapat memantau jalannya pemilihan ini (Red Dema-U). Dan untuk yang mencalonkan dapat membawa kepentingan bersama dalam memajukan universitas kita,” ucap Adhitya, Rabu (30/3/2022).

Ketua Dema Fakultas Ushuluddin (Dema FU) Muhammad Athla mengamini bahwa kampus membutuhkan sosok Ketua Dema-U untuk memimpin mahasiswa UIN Suska. Ucap Athla, sebaiknya kosong jabatan Ketua Dema-U yang hampir mendekati dua tahun diakhiri secepatnya.

“Untuk Sema-U, sebaiknya lebih mengaktualkan informasi-informasi dan kebijaksanaan pemilihan ini (Red Ketua Dema-U). Kemudian, siapapun calonnya nanti harus mampu menetapkan arah, menginspirasi dan menciptakan hal yang baru,” tutur Athla, Kamis (31/3/2022).

Ketua Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UIN Suska Riski Efendi berpendapat, meski keberadaan Ketua Dema-U secara umum tidak berpengaruh pada kampus dan kehidupan organisasi mahasiswa lainnya, pemilihan Ketua Dema-U sebaiknya tetap diadakan dan disegerakan.

“Dengan adanya Dema-U, diharapkan lebih mewarnai demokrasi di UIN Suska,” ujarnya.

Riski berpesan agar Sema-U segera menyelesaikan proses pemilihan Dema-U sesuai prosedur yang berlaku saat ini. Dan siapapun yang nantinya terpilih sebagai Ketua Dema-U mampu menjaga silaturahmi antar sesama mahasiswa, organisasi kampus, dan menghidupkan kembali organisasi yang sempat mati maupun vakum.

Reporter: Annisatul Fathonah*, Annisa Al Zikri**
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Laman
suska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.