Wakil Rektor lll : Pemilihan Dema Universitas Tidak Ada Campur Tangan dari Pihak Rektorat

Penulis : Annisatul Fathonah*

Gagasanonline.com – Pihak Rektorat UIN Suska Riau mengadakan rapat koordinasi bersama ketua Sema Universitas dan Panitia Pelaksana Musyawarah Besar (PPMB) Pilkadema UIN Suska Riau. Rapat tersebut guna membahas progres pelaksanaan pemilihan ketua Dema Universitas 2022 yang terpilih secara aklamasi. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat pimpinan lantai IV pada Selasa (26/04/2022).

Selain Sema universitas dan PPMB, rapat dihadiri Wakil Rektor III, Kabag Kemahasiswaan dan Biro AAKK. Wakil Rektor lll Edi Erwan mengatakan, pihak Rektorat tak memiliki wewenang ikut campur dalam Pilkadema. Selain itu, Rektorat menegaskan tak ada keberpihakan. Baik dari proses menyusun juknis hingga ke tahap pemilihan.

“Kita ingin kepengurusan terpilih dengan cara baik dan tidak ada permasalahan. Ini sebenarnya solusinya dari Anda semua,” katanya dalam rapat.

Terkait pemilihan Ketua Dema secara aklamasi, Biro AAKK Yasrizal mengungkapkan wajar bila hal itu mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Menurutnya, biasanya permasalahan pemilihan muncul ketika kandidat telah melaksanakan debat. Namun berbeda dengan kali ini. Justru protes muncul setelah pasangan calon Ketua Dema terpilih.

“Paslon sudah terlihat tiba-tiba terjadi keributan seperti ini,” ujarnya.

 

Yasrizal mengatakan PPMB perlu melakukan klarifikasi dan penjelasan lebih lanjut terkait keputusan aklamasi. Pihaknya tak ingin permasalahan ini berlarut-larut dan menyebabkan hal yang tidak diharapkan. Ia berharap masalah ini dapat terselesaikan secepatnya, setidaknya hingga hari keempat pasca lebaran memulai kembali untuk melakukan penyelesaian permasalahan. Hal ini agar PPMB dapat menyelesaikan kisruh-kisruh secara mandiri dilingkungan PPMB dan dapat berkoordinasi dengan Sema untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Tapi yang jelas, jangan hanya melihat dari satu sisi tentang masalah ini. Kita bisa selesaikan ini dengan bijak, dan mungkin proses yang terlihat ini pasti memiliki nilai di baliknya,” tutupnya.

 

Reporter : Septi Khairani*, Annisatul Fathonah*

Editor : Sefrizel Rahayu

Foto : Dok. Firman Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.