13 Orang Panitia PMB Tidak Dilibatkan dalam Pemilihan Ketua Dema UIN Suska

Penulis: Yulvira**

Gagasanonline.com– Instagram Panitia Pelaksanaan Musyawarah Besar (PPMB) Pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Pilkadema) pada Jumat, 22 April 2022 kemarin mengumumkan bahwasannya pasangan Yuda Prasetyo dan Rahmat Gunawan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua dan Wakil Ketua Dema UIN Suska. Dalam postingan Instagram @ppmb_demauinsuska2022 dijelaskan, terpilihnya pasangan Yuda-Rahmat dikarenakan pasangan calon nomor urut 2, Fadillah Ramadipa tidak memenuhi syarat sebagai Wakil Ketua Dema Universitas, sebab tidak ada bukti pernah menjadi pengurus organisasi internal kampus.

“Ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan tidak ditinjau kembali, kecuali ada kekeliruan di dalamnya,” kalimat dalam postingan Instagram @ppmb_demauinsuska2022, Jumat (22/4/2022).

Akan tetapi, penetapan pasangan Yudi-Rahmat sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dema Universitas tuai penolakan dari 13 orang Panitia PMB. Sa’yan Maskuron selaku Humas PPMB mengungkapkan, Instagram resmi PPMB telah diambil alih Ketua PPMB. Juga, terpilihnya Yudi-Rahmat tidak berdasarkan keputusan bersama seluruh anggota Panitia PMB, karena hanya diputuskan oleh Ketua dan beberapa panitia.

“Kami sudah mengambil sikap, kami sudah membuat surat pernyataan sikap yang ditanda tangani oleh 13 panitia. Bahwasanya dari rilisan dan di Instagram resmi PPMB itu tidaklah dari PPMB itu sendiri, melainkan ada keberpihakan dari Ketua PPMB,” jelas Sa’yan, Jumat (22/4/2022).

Menurut Sa’yan, penetapan Ketua dan Wakil Ketua Dema Universitas oleh Ketua PPMB telah menyalahi aturan, karena tidak ada transparansi antar sesama anggota PPMB. Padahal, rencananya Mubes akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 April 2022, bukan berdasarkan putusan sepihak beberapa panitia.

“7 panitia yang terlibat tidak bisa dihubungi, sementara sekretaris belum memberikan informasi secara jelas. Sekretaris seperti melempar-lempar masalah, dikatakannya kami suruh hubungi ketua. Di situlah muncul kekecewaan kami terkait PPMB ini,” tandasnya.

Reporter: Annisatul Fathonah*
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Instagram @ppmb_demauinsuska2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.