Dikenal Dengan Banyak Kubah, Begini Tanggapan Mahasiswa Tentang Arsitektur UIN Suska Riau

Penulis : Annisa Al Zikri**

Gagasanonline.com – UIN Sultan Syarif Kasim Riau merupakan sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berlokasi di Pekanbaru. Kampus yang memiliki motto “Change Towards Advance” ini didirikan pada 19 September 1970 dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim.

Arsitektur di UIN Suska Riau ini terkenal sangat indah, kampusnya yang luas memiliki beberapa bangunan yang megah. Umumnya gaya bangunannya berbentuk kubah yang mengadaptasi dari masjid berkubah.

Mahasiswa UIN Suska Riau Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Reza Yuliana mengatakan UIN Suska ini bisa dibilang mempunyai arsitektur yang indah.

“Tapi cuman masih kalah aja sama Universitas Negeri lain di Riau dan mungkin juga arsitektur ini emang sudah menjadi ciri khas UIN, yang tidak bisa terlalu dibandingkan dengan Universitas lain,” ujarnya saat di wawancarai pada Rabu (16/03/2022).

Reza menambahkan gedung yang paling bagus yang ada di UIN Suska itu Gedung Rektorat, karena menurutnya desain gedung itu elegan.

Senada dengan Reza, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Hendri Mahaputra mengungkapkan bangunan UIN Suska memang indah apalagi bagian belakang dan depan. Menurutnya juga bangunan Rektorat menjadi yang paling indah.

“Cuman lebih bagusnya lagi masjid kita ini kalau bisa lebih diperbagus, soalnya tempat itu banyak digunakan orang-orang. Dan kalau bisa arsitektur di UIN lebih dimajukan lagi, terus kayak gedung lokal lebih diperbagus lagi terutama masjid,” katanya.

Berbeda dengan Reza dan Hendri, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Romy Andika menyatakan gedung yang paling indah di UIN Suska adalah Gedung Islamic Center (IC).

“Ketika kita masuk ke dalam UIN Suska, tampilan dari luarnya membuat kita ingin memasukinya karena terlihat mewah,” katanya.

Romy berharap bangunan di UIN Suska ini terutama masjid lebih dipercepat untuk perbaikannya. Menurutnya gedung adalah daya tarik bagi kampus untuk mengajak atau menarik minat mahasiswa untuk masuk ke kampus itu.

“Kita sebagai mahasiswa akan terpancing ketika melihat fasilitas yang kita dapat di UIN Suska sangat memuaskan,” tutupnya.

Reporter : annisa al zikri**, yulvira**

Editor : Rindi Ariska

Foto : uin-suska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.