UIN Suska Riau Jadi Kampus Terbaik se-Riau Versi UniRank

Penulis: Anggi Devtami

Gagasanonline.com – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) raih posisi pertama Universitas terbaik di Riau versi UniRank. Peringkat tersebut didasarkan pada lisensi atau akreditasi lembaga pendidikan tinggi terkait, menyediakan gelar sarjana atau gelar pascasarjana, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh.

Rektor Khairunnas Rajab menanggapi hal tersebut, menjadi kampus terbaik civitas akademika dan mahasiswa harus terus berpacu untuk menjadikan UIN Suska sebagai perguruan tinggi terbaik hingga menuju tingkat Internasional.

“Tidak boleh lumpuh mendengar lalu kemudian padam begitu saja ya tapi terus harus berpacu untuk kemajuan bangsa dan negara,” katanya ketika dijumpai di ruangan Rektorat, Rabu (2/2/2022).

Khairunnas mengatakan UIN Suska Riau memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang luar biasa. Jumlah yang tidak sedikit dan ditambah fasilitas lain yang terukur, membuat dosen mudah untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya.

“Sehingga orang-orang bisa sitasi setiap artikel-artikel luar biasa yang ditulis teman-teman dosen,” tambahnya.

Khairunnas juga menyampaikan secara akademik UIN Suska Riau memiliki orang-orang yang berkontribusi kuat dan memiliki daya saing yang tinggi. Seperti aplikasi yang tidak dimiliki universitas lain. Kemudian kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik di Indonesia maupun luar negeri.

“Kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi lebih intens untuk kemudian kita implementasikan. Baik kolaborasi riset, artikel as change, menjadi reviewer, bahkan menjadi penguji di kampus lainnya,” paparnya.

Baca Juga : UIN Suska Riau Tempati Posisi Ke–8 Pada Ajang PKM II PTKIN se-Sumatera

Hal senada juga disampaikan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Suardi, mengatakan dirinya sebagai bagian dari keluarga besar UIN Suska Riau turut bangga akan prestasi yang diraih oleh universitasnya.

“Namun ini sekaligus menjadi tanggung jawab moral bagi kita sebagai bagian dari keluarga besar UIN. Jangan sampai membuat kita pongah, melainkan terus berusaha mempertahankan dan meningkatkannya,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Aziz dan Hadi berharap adanya peningkatan dari segi pelayanan serta komunikasi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir supaya persoalan administrasi jangan dipersulit.

“Pelayananlah yang kita butuhkan, dimana mungkin bisa memaksimalkan lagi. Banyak beberapa dari bagian pelayanan ini yang memang sulit untuk ditemukan atau meribet-ribet kan urusan,” tutupnya.

Reporter: Annisa Al Zikri*, Annisatul Fathonah
Editor: Khumar Mahendra
Foto: Doc. Gagasanonline.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.