Peduli Pendidikan, PW Forkommasi Sumatera Kirim Surat Cinta untuk Kemenag RI

Penulis: Windi Astuti*

Forum Komunikasi Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam Pengurus Wilayah Sumatera Raya (PW Forkommasi Sumatera) mengirim “surat cinta” untuk Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Jakarta pada Senin, 21 Febuari 2022.

Ketua Umum Forkommasi Wilayah Sumatera, Defriandy Nugroho mengatakan surat cinta ini disampaikan atas dasar kemanusiaan dan kepedulian terhadap arah dunia pendidikan yang melanda di Indonesia.

“Semoga dengan ini ada arah baru dan solusi kongrit yang dihadirkan oleh kementerian agama terhadap dunia pendidikan, sistem kuliah, agenda kemahasiswaan serta mengawasi kebijakan-kebijakan kampus yang dibawah naungan kementerian agama,” ujarnya.

Baca juga: Ucapan Bangga yang Dirindukan

Defriandy Nugroho menyampaikan kendati bangsa ini larut akan kebijakan silih berganti, tidak ada kata berhenti untuk memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bagi setiap stakeholder perguruan tinggi.

“Seperti salah satu cita-cita bangsa ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambahnya.

Surat cinta untuk Kemenag RI ini, disampaikan setelah PW Forkommasi Sumatera mengadakan diskusi dengan berbagai pihak. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, lalu mengkaji kembali secara ilmiah dan mengeluarkan beberapa point pernyataan.

Baca juga:Rektor UIN Suska Putuskan Jadwal Wisuda Dipercepat Sebelum Bulan Ramadhan

Dalam surat ini dilampirkan beberapa point pernyataan, yakni:

  1. Nilai-nilai kemanusiaan, kesehatan, dan keselamatan merupakan prioritas yang paling utama dalam seluruh upaya rangkaian pelaksanaan perkuliahan tatap muka di
    UIN/IAIN.
  2. Memperhatikan efisiensi dan efektivitas proses dan durasi pemebalajaran serta membatasi jumlah orang yang ada di dalam ruangan.
  3. Pelaksanaan perkuliahan tatap muka harus berkoordinasi dan mendapatkan rekomenasi dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota/Provinsi.
  4. Membentuk Satuan Gugus Tugas Covid-19 di Universitas, Fakultas, dan hingga program studi sebagai bentuk ikhtiar terlaksananya perkuliahan tatap muka.

Defriandy mengungkapkan saat menyampaikan surat cinta tersebut, pihak Kemenag menerima dengan terbuka, dan dalam waktu dekat PW Forkommasi akan melakukan diskusi terkait sistem perkuliahan, agenda kemahasiswaan, serta membahas seputar dunia pendidikan.

“Dengan hadirnya surat cinta ini, semoga bisa menjadi tolak ukur Kemenag RI dalam mengambil kebijakan dan sebagai upaya solusi kongrit dalam upaya kemenag berinovasi di tengah pandemi,” harap Defriandy.

Reporter: Windi Astuti*
Editor: Khumar Mahendra
foto: Dok. Defriandy Nugroho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.