Perpustakaan Fakultas Diadakan Kembali, Kepala Perpustakaan : Guna Menjaga Efektifitas Perpustakaan Universitas

Penulis : Septi Khairani Fitri

Perpustakaan  UIN Suska Riau lakukan pengembalian kembali buku-buku kedelapan fakultas tempatnya semula. Pemindahan kembali ini disebabkan sarana prasarana perpustakaan Universitas yang kurang memadai dan dikhawatirkan akan merusak buku tersebut. 


Pemindahan buku-buku dari perpustakaan universitas ke perpustakaan fakultas dimulai sejak Rabu 05 Januari 2022. Pemindahan ini dianggap lebih efektif dan mahasiswa fakultas lebih mudah menggunakan buku-buku yang diperlukan.

Ketua Perpustakaan UIN Suska Riau, Muhammad Tawwaf mengatakan pemindahan buku-buku dari Perpustakaan UIN Suska Riau ke fakultas dilakukan untuk memudahkan pengelolaan, pembinaan perpustakaan fakultas, dan memudahkan seluruh civitas akademika UIN Suska Riau. Ditambah lagi, secara spesifik koleksinya sesuai dengan prodi yang ada di fakultas masing-masing. 

“Ada beberapa alasan dipindahkan kembali perpustakaan ke fakultas, salah satunya karena perkembangan perpustakaan fakultas diperlukan prodi untuk akreditasi,” tuturnya. 

Ia mengungkapkan, rektor sebelumnya, Akhmad Mujahidin memusatkan koleksi delapan fakultas ke perpustakaan universitas. Hal itu tidak sebanding dengan pengelolaan koleksi lama di perpustakaan universitas.

Ditambah kondisi gedung perpustakaan universitas tidak memadai dan sarana prasarana tidak mampu menampung ribuan koleksi buku delapan fakultas. Sehingga butuh waktu lama untuk menyusun kembali seluruh buku-buku yang ada. 

“Dikarenakan kondisi gedung yang tidak memadai serta sarana prasarana yang tidak mampu menampung seluruh koleksi fakultas yang hampir setiap bulannya masuk ribuan eksemplar. Masuknya buku baru tentu memakan waktu yang lama untuk menyusunnya dan juga hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada buku-buku,” ungkapnya.

Tawwaf menjelaskan pemindahan buku-buku ke fakultas guna memperdayakan kembali perpustakaan fakultas dan tak hanya terpusat ke perpustakaan universitas. Artinya secara manajemen tetap akan melakukan pembinaan untuk memberdayakan semua Pustakawan dan akan membuat jadwal untuk pembinaan delapan fakultas yang ada di UIN Suska Riau. 

“Memperdaya kembali perpustakaan fakultas agar mempermudah dalam pengakreditasian fakultas atau prodi,” sebut Tawwaf.

Hingga saat ini, koleksi perpustakaan fakultas yang sudah dipindahkan yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Psikologi,Fakultas Syariah Dan Hukum (FSH), Fakultas Ekonomi Dan Sosial (Fekonsos), Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Pertanian Dan Peternakan (Fafertapet) .

Sedangkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) juga Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sedang dalam proses renovasi gedung perpustakaan.

Tawwaf berharap kedepannya UIN Suska Riau mampu membuat perpustakaan prodi agar mahasiswa mudah mencari buku-buku yang dibutuhkan. 

“Agar dapat memudahkan mahasiswa dengan sistem satu data based dan akan mudah mengintegrasi setiap data buku yang dibutuhkan mahasiswa,” tutupnya.

 Reporter: Septi Khairani Fitri*,Annisatul Fatonah*

Editor : Annisa Firdausi

Foto : Dok.Gagasan/Septi Khairani Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.