FTK Kembali Aktifkan Perpustakaan di Fakultas

Penulis: Windi Astuti*

Gagasanonline.com – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) kembali membuka perpustakaan fakultas setelah sebelumnya kosong dan tidak berfungi lantaran dipindah ke perpustakaan universitas beberapa waktu lalu. Dekan FTK, Kadar mengatakan pihaknya telah meminta izin kepada rektor terkait hal ini.

“Kini dengan adanya rektor baru, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan meminta untuk dibuka kembali perpustakaan di fakultas,” katanya saat diwawancarai, Kamis (6/1/2022).

Menurut Kadar, kendala yang dialami mahasiswa saat berkunjung ke perpustakaan universitas adalah mobilitas tempat duduk.

“Tidak adanya tempat duduk untuk belajar dan membaca buku pada perpustakaan tersebut,” hematnya.

Sementara itu, karena lama tak digunakan, perpustakaan FTK masih dalam tahap renovasi. Selanjutnya, Kadar mengungkapkan pihaknya akan melakukan pemindahan buku dari perpustakaan universitas ke perpustakaan FTK.

“Yang diperbaiki baru atap dan sekarang sedang memperbaiki plapon dengan dicat kembali dan insya allah jika semuanya sudah diperbaiki mulai melakukan gotong royong untuk memindahkan buku dari pusat ke fakultas,” katanya.

Adapun buku-buku yang akan dipindah ke perpustakaan FTK merupakan buku yang belum termuat dalam rak perpustakaan universitas. Selain itu, Kadar menuturkan akan ada penambahan koleksi buku dan laboratorium di perpustakaan FTK ini.

“Jadi, buku-buku yang sudah ada kita tata kembali dan akan kita tambah koleksi. Sekarang juga sudah dipasang lab dengan tiga bahasa yaitu labor nici, labor kimia, labor bahasa sosial dan juga sudah ditentukan kantor laboraturiumnya yang akan mengelolah laboraturium tersebut,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada 2019 lalu, melalui kebijakan rektor sebelumnya, seluruh perpustakaan fakultas dipindah dan dipusatkan ke perpustakaan universitas. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan universitas.

Terkait itu, Kadar tidak mempermasalahkannya. Menurutnya yang terpenting perpustakaan dan laboratorium FTK dapat kembali aktif.

“Biarlah yang lalu berlalu, sekarang tinggal gimana kedepannya tarbiyah ini baik seperti perpustakaan maju kembali dan mengaktifkan kembali laboraturium,” ucapnya.

Untuk itu, Kadar berharap dengan difungsikan kembali perpustakaan FTK ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan baik.

“Semoga dapat mengembangkan koleksinya. Tidak hanya perpustakaan dalam bentuk hard copy-nya atau bukunya tapi digitalnya yang kita kembangkan,” tutupnya.

Reporter: Septi Khairani Fitri* Annisatul Fathonah*
Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: Dok. Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.