LPRPM Uin Suska Riau, Adakan Kegiatan Mimbar Bebas untuk Memperingati Hari Pahlawan

Penulis : Windi Astuti

Gagasanonline.com- Lembaga Pengembangan Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPRPM) UIN Suska Riau, mengadakan kegiatan lomba Mimbar Bebas dengan tema “Mengenang Para Pahlawan Sebagai Pondasi Membangun Individu yang Berkepribadian Religius, Berkreativitas, Berintegritas, dan Berjiwa Sosial yang Tinggi.” Acara ini diadakan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini dibuka oleh Miftahul Huda selaku ketua umum LPRPM UIN Suska Riau.

Kegiatan ini mengadakan beberapa lomba, seperti puisi, dai dan juga orasi. Adapun peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah mahasiswa aktif UIN Suska Riau dari semester 1 sampai 7, dengan syarat satu peserta hanya bisa ikut dalam satu bidang perlombaan saja.  Sedangkan untuk juri yang ikut berpartisipasi yaitu dari bagian LPRPM dan juga UKM yang berbeda yang menguasai bidang tersebut. Dan Tidak hanya itu, LPRPM juga mengundang UKK/UKM se-lingkungan UIN Suska Riau.

Baca juga :Berhasil Lolos ke Kancah Nasional, Berri Parma Harap UIN Suska Riau Dapat Berikan Perhatian Lebih Bagi Mahasiswa Berprestasi 

Nurlaila selaku ketua pelaksana mengatakan semoga dengan adanya kegiatan seperti ini para mahasiswa dapat lebih aktif lagi.

“Karena kita sudah lama online, jadi  dengan adanya acara ini mudah-mudahan sebentar lagi akan mengadakan kuliah offline dan kemaren juga sudah vaksinasi,” katanya.

Iswanto Mahasiswa Jurusan Matematika yang ikut berpartisipasi mengikuti lomba di bidang puisi menuturkan, kegiatan Mimbar Bebas yang diadakan ini sangat luar biasa dan dapat menambah pengalaman serta mengasah minat bakat dari perlombaan yang diadakan.

“Dan dari kegiatan ini kita sebagai kaum muda harus tetap mengenang jasa-jasa pahlawan,”ucapnya.

Selain itu,  Khofifah Attaufiqah Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam yang mengikuti lomba dai mengungkapkan, acara ini sangat berfaedah bagi mahasiswa UIN Suska Riau. Dan juga adanya reward istimewa bagi yang ikut berpartisipasi dan memenangkannya.

“acara ini juga untuk menggerakkan jiwa para Mahasiswa untuk mengingat jasa para Pahlawan, terutama dengan adanya lomba da’i dan orasi yang sangat menggetarkan jiwa Nasionalisme para Mahasiswa,” tuturnya.

Baca juga : Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Suska Riau Terbitkan Aturan Foto Bersama, Mahasiswa Salah Tanggap

Kemudian, Mahasiswa  jurusan Perbandingan Mahzab Zuniar sebagai peserta lomba orasi, mengharapkan acara seperti ini tetap di laksanakan kalau perlu ditingkatkan untuk seluruh Mahasiswa Uin Suska Riau agar kami sebagai peserta dapat belajar lebih giat lagi.

“Kami berharap acara ini dijadikan acara tahunan dan kalau perlu setiap kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan di buat lagi, agar para peserta lebih dalam mengetahui tentang sejarah bangsa Indonesia dan perjuangan para Pahlawan sebagai bentuk tanda cinta dan terimakasih kita kepada Pahlawan. Dan kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada panitia acara ini yang telah menyukseskan pelaksanaan mimbar bebas LPRPM ini,” harapnya.

 

Reporter : Windi Astuti, Ayu Safitri Anggraini, Iswatun Hasanah
Editor : Sefrizel Rahayu
Sumber Foto : Dok. Gagasan / Windi Astuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.