Mahasiswa UIN Suska Riau, Rahmad Rianto Didapuk Sebagai Duta Peduli Air 2021

Penulis: Windi Astuti

Gagasanonline.com – Mahasiswa Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Syariah UIN Suska Riau, Rahmad Rianto didapuk sebagai Duta Peduli Air 2021 dalam ajang pemilihan Duta Lingkungan Pekanbaru 2021-2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru pada 29 September hingga 6 Oktober 2021.
 
Sebagai Duta Peduli Air 2021, Rahmad ingin menjadi contoh atau roll model bagi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, iajuga ingin ikut andil di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dalam mengatasi permasalah lingkungan di kota Pekanbaru terkhusus permasalahan sampah.
 
“Saya ingin menjadi contoh atau roll model bagi masyarakat agar bisa peduli terhadap lingkungan dan saya ingin menambah ilmu atau wawasan serta menambah relasi,” katanya saat diwawancarai pada Selasa (12/10/2021).
 
 
Ada beberapa hal yang Rahmad siapkan sebelum mengkuti ajang pemilihan duta, yaitu mental, baik itu kesehatan dan kesiapan, serta belajar untuk menambah wawasan tentang lingkungan dan menyiapkan program kerja. Serta yang terpenting bagi Rahmad adalah penampilan, karena menurutnya jika ingin menampilkan yang terbaik dan membuat orang lain terkesan.
 
“Hal yang utama yang orang nilai adalah penampilan baik itu cara berpakaian, berbicara dan lain-lain,” kata Rahmad.
 
 
Rahmad menjelaskan sejumlah kegiatan yang dilakukan selama seleksi yaitu mengikuti acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala DLHK Pekanbaru Marzuki, serta mendengarkan penyampaian materi atau arahan dari beberapa bidang di DLHK seperti bidang pengolahan sampah dan kebersihan, bidang penataan dan penaatan lingkungan dan beberapa materi lainnya.
 
Di hari kedua, peserta mengikuti kunjungan ke Bank sampah dan TPA Muara Fajar dan juga mengikuti pelatihan Public Speaking dan latihan koreo untuk malam puncak. Kemudian di hari ketiga, peserta mengikuti pelatihan Personality dan Beauty Class serta latihan koreo, dan pada hari keempat mereka mengikuti acara seminar dan pelatihan kampanye lingkungan dan Person Branding melalui media sosial.
 
Untuk mengatasi masalah lingkungan, terutama dalam mengatasi permasalahan sampah yang menyebabkan air tercemar, Rahmad memberikan sejumlah solusi, yaitu dengan cara melakukan sosialisasi dan juga aksi nyata mengajak semua lapisan masyarakat agar menerapkan reduce, reuse dan recycle (3R). Selain itu, menurutnya pemerintah juga dapat berpartisipasi dengan membuat sekolah atau pelatihan khusus pengolahan sampah untuk dijadikan sebagai barang-barang yang berguna dan memiliki nilai jual tinggi.
 
 
“Saya ingin lingkungan kita itu lingkungan yang aman, bersih, dan asri,” harapnya.
 
Sebagai Duta Peduli Air, Rahmad berpesan kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan demi terciptatanya lingkungan yang bersih dan aman. “Pepatah yang mengatakan bahwa ‘Lingkungan yang aman akan melahirkan rasa aman.’ Maka dari itu untuk menciptakan rasa aman di butuhkan sedikit waktu dan kepedulian kita,” tutupnya.
 
Reporter: Windi Astuti
Editor: Sabar Aliansyah Panjaitan
Foto: Dok. Rahmad Rianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.