LPM Gagasan Gelar Dikdas Daring 2020

LPM Gagasan Gelar Dikdas Daring 2020

Penulis: Khumar Mahendra

Gagasanonline.com– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan UIN Suska Riau menyelenggarakan Pendidikan Dasar (Dikdas) Jurnalistik 2020 bertemakan “Menjadi Jurnalis Cermat di Masa Pandemi.”  Acara ini dilaksanakan dari 19-20 Desember. Mengingat kondisi di tengah pandemi acara Dikdas dilangsungkan secara daring via zoom yang diikuti seluruh anggota baru Gagasan. Sabtu (19/12/2020).

Acara dibuka langsung oleh Suardi selaku Pembina LPM Gagasan. Dalam sambutannya, Suardi menyampaikan fenomena pergeseran dikalangan generasi muda dimana menganggap bahwa literasi atau tulisan sudah tidak zaman lagi. Menurutnya, banyak penulis blogger yang sudah berubah haluan ke channel YouTube. Dan beranggapan menulis sudah tidak menghasilkan uang bagi mereka.

“Kita harus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan yakinlah menulis tidak hilang ditelan zaman,” tegasnya.

Baca Juga: Civitas Akademik Goro Bersihkan Masjid Al-Jami’ah UIN Suska

Ketua pelaksana Diklat, Winda Julianti mengatakan ada beberapa kendala seperti waktu penyampaian pemateri yang singkat serta kesulitan menyesuaikan jadwal acara dengan peserta karena masih memiliki jadwal kuliah di hari Sabtu, namun sejauh ini bisa teratasi dengan lancar.

“Tahun ini peserta Diklat cukup banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu dengan jumlah sekitar 69 orang. Harapannya bagi semua anggota baru dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat waktu Diklat saat turun kelapangan,” tambahnya.

Pada acara Dikdas peserta yang mengikuti disuguhi materi mengenai elemen-elemen jurnalisme yang disampaikan oleh dosen FDK, Mustafa. Sedangkan materi lainnya yaitu teknik wawancara dan penulisan berita disampaikan oleh Praktisi Jurnalis yang juga alumni LPM Gagasan, Melba Ferry Fadly.

Tak hanya itu peserta juga disuguhi materi fotografi dan videografi oleh dosen STISIP Persada bunda, Hari Jummaulana. Serta materi blog dan website yang di sampaikan oleh Content Strategist Melati Oktavia.

Selain disuguhi materi seputar jurnalistik, peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktekan ilmu yang telah mereka terima dan mempresentasikannya.

Salah satu peserta Diklat, Vera Ardila mengatakan jaringan yang susah membuat suara putus-putus sehingga materi yang di sampaikan tidak bisa disaring dengan baik.

Baca Juga: Webminar 5 PR A “Skill Public Speaking Meningkatkan Rasa Percaya Diri”

Berbeda dengan peserta lainnya, Mawaddah Tujarah mengungkapkan bahwa acara Dikdas ini sangat bagus dan menyenangkan, di mana kita dapat mengupas segala permasalahan mengenai dunia jurnalistik. Menurutnya, kita tahu mengenai bagaimana membuat berita, foto, blog dan lainnya.

“Acara yang diselenggarakan secara online memakan waktu yang sedikit dan kurang puas atas Jawaban yang telah dipaparkan,” tutupnya.

Reporter: Khumar Mahendra
Editor: Wilda Hasanah
Foto: Tangkapan Layar Dikdas Via Zoom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.