Ragam Upaya Ubah Sistem Pembelajaran Sekolah di Tandun

Ragam Upaya Ubah Sistem Pembelajaran Sekolah di Tandun

Penulis : Nada ‘Afra’ Rahmadani **

Gagasanonline.com- Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan aktivitas belajar mengajar di sekolah-sekolah di Tandun, Rokan Hulu. Beragam cara dilakukan sebagai penunjang pembelajaran melalui daring.

Enik Sumarti, salah satu guru SD Negeri 1 Tandun mengatakan selama belajar daring, muridnya menggunakan media televisi yaitu saluran channel TVRI. Hal itu dilakukan sesuai dengan anjuran Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim.

“Iya di sini itu yang bisa dilakukan, dan itu juga sudah anjuran menteri kan,” katanya, Jumat (08/5/2020).

Seorang guru SMK Negeri 1 Tandun, Ananda Putri menjelaskan muridnya juga menggunakan media daring saat kegiatan belajar mengajar. “Dalam menyampaikan materi pelajaran kami menggunakan beberapa aplikasi, disesuaikan dengan keadaan yang ada di lapangan,” jelasnya.

Baca: [Cerpen] Penyesalan Tak Berujung

Ia menambahkan murid dituntut memahami materinya secara personal karena guru hanya bisa memberikan lewat belajar daring. “Walaupun tiap siswa punya kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran, tapi mau gimana lagi,” ujarnya.

Siska Rahmadani, Murid SMA Negeri 1 Tandun mengatakan kebanyakan pembelajaran melalui Whatsapp. “Kami dikirim materi dan tugas melalui WA atau kadang menjelaskan lewat video yang dikirim ke kami,” terangnya.

Ia juga menjelaskan sangat sulit memahami materi yang diberikan guru. Tambahnya, ia lebih mudah memahami materi jika bertatap muka dengan guru.

“Yang bikin sulit juga karena kendala jaringan dan kuota internet,” tambahnya.

 

Reporter : Nada ‘Afra’ Rahmadani
Editor : Bagus Pribadi
Foto : Gagasan/ Nada

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.