Perpustakaan Lakukan Stock Opname Collection, Peminjaman Buku Ditiadakan Sementara

Perpustakaan Lakukan Stock Opname Collection, Peminjaman Buku Ditiadakan Sementara

Penulis: Tika Ayu

Gagasanonline.com – Sesuai dengan surat edaran Perpustakaan UIN Suska Riau melakukan Stock Opname Collection dari 27 Januari-28 Februari mendatang.Guna pendataan koleksi perpustakaan serta pencocokan data koleksi di database dengan jajaran rak koleksi.Selama Stok Opname colection berlangsung kegiatan peminjaman buku ditiadakan sementara.

Kepala Perpustakaan UIN Suska Riau Rusdanelis mengatakan sebagaimana sistematika Stock Opname Collection dilakukan, pelayanan peminjaman koleksi ditiadakan hingga seluruh koleksi bisa terkumpul.

“Kita sekarang ini sedang menarik buku yang ada di mahasiswa tapi untuk sementara dalam waktu tertentu, supaya pendataan buku-buku koleksi dapat dengan akurat,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya Lantai I Gedung Perpustakaan, Kamis (29/01/20).

Kendati demikian, Perpustakaan UIN Suska Riau tidak melakukan penutupan layanan secara menyeluruh bagi mahasiswa yang datang ke perpustakaan. Pihak perpustakaan tetap melayani pengurusan Tata Usaha dan Keanggotaan, Layanan Bebas Pustaka, dan Layanan Pengembalian Buku.

Rusdanelis mengatakan memanfaatkan momentum liburan adalah waktu yang tepat  dilakukannya Stock Opname Collection karena tidak ada kegiatan perkuliahan. Dosen-dosen sedang melakukan pengabdian masyarakat dan tidak ada kegiatan akademik  yang terjadwal.

“Karena mahasiswa libur sehingga pelaksanaanya bisa efektif dan efisien,” ujarnya.

Rusdanelis juga menambahkan Stock Opname Collection lama menghabiskan waktu karena proses pengerjaan dan juga koleksi buku Perpustakaan UIN ada 25 ribu eksemplar.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ela Safitri mengatakan Stock Opname Collection merupakan hal yang bagus, karena  koleksi Perpustakaan sering tidak sesuai hasilnya antara Online Public Access Catalog (Opac) dengan yang di Rak. Namun satu hal juga dieluhkan olehnya, karena jarak waktu yang diterangkan dalam surat edaran terlalu lama.

“Berartikan pihak perpustakaan ada inisiatif memperbaiki pelayanan lebih bagus lagi,” tuturnya.

Reporter: Tika Ayu
Editor: Siti Nurlaila Lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.