Pramuka UIN Suska Riau Adakan Pertika IV Se-Riau

Pramuka UIN Suska Riau Adakan Pertika IV Se-Riau

Penulis: Hendrik Khoirul

Gagasanonline.com– Gerakan Pramuka UIN Suska Riau melaksanakan Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) IV di lapangan Rektorat, upacara dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) III Promadi mewakili Rektor Prof  Akhmad Mujahidin. Dalam sambutannya, Promadi menyampaikan tujuan diagendakannya kegiatan Pertika ini sebagai ajang pendidikan dan pelatihan.

“Sepuluh atau dua puluh tahun ke depan adik-adik akan menjadi pemimpin-pemimpin negeri yang menggantikan pemimpin yang sekarang,” tutur Promadi.Senin, (22/4/2019).

Selain itu, Promadi juga mengatakan tujuan kegiatan tersebut guna mengaplikasikan Dasa Darma Pramuka untuk pengabdian kepada masyarakat, “Bukan untuk dihapal, tapi untuk dinikmati, dirasakan dan diaplikasikan,” tambahnya.Promadi berharap acara ini menjadi kenangan indah di masa mendatang.

Ketua Panitia, Rizky Aldi Putra mengatakan kegiatan Pertika dimulai dari tanggal 21-26 April 2019, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) UIN Suska Riau.Peserta meliputi Pramuka Penegak dan Pendega dengan jumlah 801 orang peserta dan 70 orang pembina pendamping.

Rizky menuturkan ada sedikit masalah, yakni lambatnya penggarapan Buper untuk lokasi perkemahan. “Tapi, alhamdulillah bumi perkemahan bisa dipakai,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Putri Ramadani dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 04 Pekanbaru mengaku senang dapat berpatisipasi dalam kegiatan Pertika, bisa menambah pengalaman dan kenalan.

Sementara itu, Sri Rahayu dari pihak Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) UIN Suska Riau, ketika diwawancarai terkait peserta yang tumbang saat upacara pembukaan mengatakan jumlah peserta yang sakit terdapat 18 orang, di antaranya sakit kepala, maag, asam lambung dan sakit perut, serta ada salah seorang peserta yang pingsan karena sesak napas dan dilarikan ke klinik UIN Suska Riau.

Reporter: Lidya Latifa, Hendrik Khoirul

Editor: Siti Nurlaila Lubis

Foto: Hendrik Khoirul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.