Tips Bijak Gunakan Media Sosial

Tips Bijak Gunakan Media Sosial

Gagasanonline.com – Saat ini, media sosial bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat. Baik itu golongan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Selain sebagai hiburan, media sosial kerap kali digunakan sebagai ajang silaturahim bagi mereka yang bejuahan. Bahkan, melalui media sosial pula seseorang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Dilansir dari BBC Indonesia, Tiga milliar orang, sekitar 40% populasi dunia, menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Menurut sejumlah laporan, kita menghabiskan rata-rata dua jam setiap hari untuk membagikan, menyukai, menulis cuitan dan memperbaharui perangkat ini. Artinya sekitar setengah juta cuitan dan foto Snapchat dibagikan setiap menit.

Media sosial sudah mampu menjamah lini masarakat. Baik masyarakat menengah ke atas, maupun menengah ke bawah. Sayangnya media sosial seringkali disalahgunakan seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan lain sebagainya sehingga berdampak buruk bagi penggunanya dan orang lain

Lantas, bagaimana cara kita dalam menggunakan media sosial secara bijak? Berikut beberapa tips menggunakan media sosial agar terhindar dari hal-hal negatif yang dikutip dari Kumparan.com dan Popmama.com .

  1. Menjaga etika

Sebagai pengguna media sosial yang baik, Etika merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan media sosial. Bila tidak, akan menimbulkan konflik atau perpecahan sesama penggunanya. Ada beberapa kasus di Indonesia dipicu karena ujaran kebencian atau mencemarkan nama baik. Maka Berhati-hatilah  jika berkomentar, sebab tanpa kita sadari barangkali ada yang merasa tersinggung dengan apa yang kita tulis di media sosial itu.

  1. Saring sebelum sharing

Banyak informasi bisa kita dapatkan melalui media sosial. Baik itu tentang pendidikan, gaya hidup, resep masakan, dan lainnya. Akan tetapi, tidak semua informasi bisa dipercaya begitu saja. mungkin saja ada tangan-tangan nakal sengaja melakukannya dengan motif tertentu. Oleh sebab itu, sebelum membagikan informasi  baiknya disaring terlebih dahulu agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kita.

  1. Cegah Konten Negatif

Dalam media sosial, terdapat banyak konten positif maupun konten negatif. Bila ingin nyaman dalam bersosial media, sebaiknya menghindari konten negatif seperti konten dewasa, konten hoaks, serta konten-konten  tidak mendidik lainnya karena bisa mengganggu dan merusak pikiran pengguna lain. Bila menemukan hal ini kamu berhak menghindari, menegur bahkan memblokir penggunanya.

  1. Menjaga privasi

Berhati-hatilah dalam memberikan data pribadi. Data tersebut bisa berupa alamat rumah, nomor ponsel, dan mengunggah kegiatan rutin yang sebenarnya sangat pribadi bagi kita. Jika tidak, maka orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan tanpa kita ketahui. Hal itu juga dapat mengancam keamanan diri kita.

  1. Memikirkan risiko

Setiap kegiatan yang kita lakukan akan memiliki resiko. Baik itu positif maupun negatif. Jika kita merasa galau atau emosi  tidak terkontrol, jangan gunakan media sosial sebagai pelampiasan karena akan menimbulkan dampaknya. Bisa saja mereka menganggap kita seseorang yang lemah tanpa mengingat Tuhan dalam kondisi buruk tersebut.

Itulah lima tips menggunakan media sosial secara bijak. Semoga kita bisa lebih berhati-hati dalalm bersosial media.

Penulis: Hafizul**
Editor: Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.