Kronologi Rusaknya Kubah Mesjid Al-Jamiah UIN Suska

Kronologi Rusaknya Kubah Mesjid Al-Jamiah UIN Suska

gagasanonline.com : Hujan deras disertai kencang yang melanda UIN Suska pada sekitar 17.30 WIB Senin (6/11/2017). Kejadian tersebut merusak beberapa fasilitas yang berada di UIN Suska. Mesjid Al-Jamiah UIN Suska mengalami kerusakan pada kubahnya dan beberapa fasilitas lainnya.

Adit mahasiswa Fakultas Psikologi yang saat itu berada di Mesjid mengungkapkan saat ia dan beberapa mahasiswa Psikologi sedang melakukan mentoring di Mesjid Al-Jamiah UIN SUSKA Riau. Hujan disertai angin kencang diselingi oleh kilat dan petir. Walau demikian Adit dan rekanya tetap melanjutkan kegiatan Mentoring pada sore hari itu.

“Kemudian angin kencang beberapa kali menjatuhkan pembatas ikhwan dan akhwat,” ungkapnya.

Angin kencang tersebut yang berlangsung cukup lama membuat beberapa barang yang ada di Mesjid Al-Jamiah berterbangan dan jatuh. Etalase penyimpanan mukena pecah karena terjatuh akibat angin kencang.

“Saat itu angin sangat kencang  mengakibatkan salah satu kaca di atas pecah,” katanya.

Setalah beberapa barang berjatuhan, kubah mesjid yang utama mulai runtuh akibat angin yang semakin kencang. Menurut pengamatan Adit kubah mesjid tidak jatuh kedalam namun berjatuhan kearah luar mesjid. Dalam kejadian ini, tidak ada korban sama sekali.

“Tak beberapa lama 30% dari keseluruhan kubah mesjid mulai mengalami kerusakan parah,” katanya.

Kubah yang rusak membuat air hujan masuk dan membasahi lantai. para mahasiswa yang berada di lokasi berinisiatif menyelamatkan barang-barang dan  sajadah yang masih dibentangkan untuk shalat ke tempat yang lebih aman.

“Hampir seluruh bagian dalam masjid tergenang air karena keadaan kubah yang rusak tersebut,” tutupnya.

 

 

Penulis : Tika Ayu**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *