Siapakah Pahlawan?

Siapakah Pahlawan?

Kata “pahlawan” sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Pahlawan menurut bahasa Sanskerta : phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara dan agama. Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani.

Tanggal 10 November 1945, sebagai hari dimana seluruh bangsa mengenang jasa para pahlawan yang gugur. Hari yang hingga kini kita kenal sebagai Hari Pahlawan 10 November. Namun, siapakah yang dapat kita sebut sebagai pahlawan? Sebagian dari kita menganggap bahwa pahlawan adalah mereka yang telah gugur. Namun sebenarnya pahlawan memiliki artian yang lebih luas, pahlawan bukan hanya pejuang yang telah gugur. Mengapa demikian? Karena ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada pejuang yang berkorban demi bangsa.

Kemungkinan pertama,  pahlawan yang gugur. Artinya pejuang tersebut gugur di tempat peperangan. Dan jasadnya dimakamkan di pemakaman pahlawan. Kedua, pahlawan yang berjuang dan selamat tetapi dengan keadaan terluka atau memiliki kecacatan fisik. Ketiga, pahlawan yang berjuang dan selamat tanpa suatu cacat apapun. Pejuang yang berhasil selamat dari peperangan biasa kita sebut sebagai veteran.

Suatu malam, ada sebuah acara televisi yang mengundang para veteran untuk diwawancarai. Di acara itu ada seorang kakek berusia kira-kira 90 tahun yang tidak memiliki kaki akibat berjuang di masanya. Dengan amat kecewa dan meneteskan air mata ia menyanyikan lagu berbahasa Jepang yang katanya lagu itu adalah lagu yang ia ingat semasa peperangan terjadi. Dan ironisnya kehidupan kakek tersebut sama sekali tidak tercukupi artinya tidak ada fasilitas yang ia dapatkan sebagai seorang veteran. Sebagai seorang pahlawan yang membela bangsa. Hal ini bisa terjadi karena ketidakpahaman kita tentang siapa saja kah orang-orang yang disebut sebagai pahlawan.

Pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang dan gugur. Kemudian namanya dicantumkan dalam daftar nama pahlawan nasional. Tetapi pahlawan ialah mereka yang berjuang tetapi selamat dengan keadaan utuh maupun cacat dan namanya tidak ada dalam daftar nama pahlawan nasional.

Selamat Hari Pahlawan Untuk Para Veteran!

Selamat Hari Pahlawan Untuk Para Pejuang!

Penulis : Anisa Siti Nurjanah dan M. Subhan S Pd M Ed Cht

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *