Mahasiswa Agroteknologi UIN Suska Dapatkan Juara 1 Lomba Kewirausahaan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) mengadakan lomba “Kewirausahaan Nasional” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto, berlangsung pada tanggal 20 – 22 Oktober 2017.

Rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatakan kreatifitas dan keterampilan para mahasiwa pertanian khususnya sense of business ini dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti : agro expo, seminar kewirausahaan, presentasi produk unggulan daerah, presentasi lomba bisnis plant, serta lomba essay.

“Semangat kreatif !!” barangkali inilah kata yang pantas untuk menggambarkan kegiatan tersebut dengan tema “Menumbuhkan jiwa entrepreneurship muda yang kreatif inovatif guna menghadapi persaingan global” yang berlangsung beberapa hari lalu. Hal ini didukung penuh oleh UIN SUSKA RIAU yang mengutus delegasi 2 orang mahasiwa dari Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan yaitu Muhammad Abrory Ali dan Rahman Al Hadi untuk mengikuti lomba tersebut.

Mengangkat tema limbah yang terbuang sia-sia menjadikan bernilai guna, rahman dan abrori bekerjasama dengan Kelompok tani Dwipa Makmur Farm memilih produk “Gula Merah dari Nira Kelapa Sawit” untuk dijadikan produk yang akan dilombakan. Rahman dan Abrori, didampingi oleh kelompok tani Dwipa Makmur Farm mengunjungi Petani Gula Merah dari Nira Kelapa Sawit yang berda di Kelurahan Medan Barat, Kecamatan Tualang untuk melakukan survei pembuatannya.

Produk gula merah milik petani kemudian dikemas dengan penampilan berbeda dan dibawa ke Purwokerto untuk dilombakan, membuahkan hasil. Dapat menyaingi 25 lebih universitas yang mengikuti lomba produk tersebut terdiri dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Bengkulu dan universitas lainnya.

 

Press Release kiriman Wibowo Trisanjaya dan ditulis oleh Gusna Widyatama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.