Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumbar

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Ke Sumbar
Sumatra Barat (Sumbar) merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata alam. Berikut ini tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Sumbar:1. Air Terjun Sarasah
Air Terjun Sarasah yang berlokasi di Lubuk Begalung berjarak sekitar dua kilometer (KM) dari pusat kota Padang ini wajib kamu kunjungi saat ke Sumbar. Jalan menuju lokasi ini cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 200 meter dari tepi Jalan Raya Bypass Padang menuju Teluk Bayur. Selain itu, Di sekitar air terjun ini juga kamu bisa menikmati hamparan sawah sekaligus kereta api PT Semen Padang yang membawa semen dari PT Semen Padang menuju Teluk Bayur.

Air Terjun Serasah. Foto: Adrial

2. Pantai Padang
Berjarak 5 km dari Air Terjun Sarasah, kamu bisa langsung menikmati hamparan Pantai Padang. Pantai yang berpusat di Kota Padang ini juga dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik) dalam Bahasa Indonesia berarti Tepi Laut. Mengapa disebut Taplau? Karena pantai ini berada tepat di tepi jalan dan memiliki garis pantai yang cukup panjang.  Di Pantai Padang ini, kamu bisa juga menikmati petunjuk arah ke berbagai negara .

3. Masjid Raya Sumatra Barat
Masjid Raya Sumatra Barat ini juga tempat yang wajib kamu kunjungi jika ke Sumbar. Masjid yang terletak di Pusat Kota Padang memiliki arsitektur masjid yang unik layaknya ciri khas ranah minang. Masjid yang mampu menampung hingga 20.000 jamaah ini juga dinilai tahan gempa hingga 10 skala richter (SR) dan bisa dialih fungsikan untuk evakuasi korban jika suatu saat terjadi bencana alam yang menimpa Sumbar.

Masjid Raya Sumbar. Foto: Andri

4. Kebun Teh Alahan Panjang
Menuju lokasi kebun teh ini, kamu akan disuguhkan pemandangan Bukit Karang Putih yang digunakan pabrikan semen sebagai bahan baku. Sebelum menuju Kebun Teh ini, kamu akan melewati Taman Hutan Raya Mohammad Hatta. Jika melewati Kota Padang, jarak jalan menuju Kebun Teh Alahan Panjang ini sekitar 65 km. Selain itu juga akan melewati pegunungan dengan jalan yang menanjak serta melewati tikungan terjal yang dikenal dengan sebutan Sitanjung Lauik. Dari tikungan ini anda bisa menikmati hamparan Kota Padang.

Kebun Teh Alahan Panjang. Foto: Adrial

5. Danau Singkarak
Berjarak 50 km dari Kebun Teh Alahan Panjang, Danau Singkarak menjadi destinasi alam yang tidak boleh ketinggalan. Danau ini memiliki luas 107,8 KM2 dan merupakan danau terluas kedua di Sumatra setelah Danau Toba di Sumatra Utara.  Danau Singkarak membentang di dua kabupaten, yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.
Danau Singkarak juga merupakan tempat kejuaraan sepeda internasional yang diselenggarakan Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan  setiap tahun dengan nama Tour de Singkarak.

Ada hal unik di Danau Singkarak, danau ini seperti laut yang memiliki ombak-ombak kecil dan hal ini menambah keindahan danau tersebut. Menurut legenda warga setempat, danau ini merupakan laut yang lama-kelamaan mengering dan ada yang mengatakan danau ini merupakan hasil proses tektonik yang membentuk cekungan dengan bantuan letusan gunung api.

6. Danau Maninjau
Danau Maninjau berada tepat di Kabupaten Agam. Danau ini terletak di ketinggian 462 meter di atas permukaan laut dan merupakan danau terluas kedua di Sumatra Barat setelah Danau Singkarak.

Danau Maninjau. Foto: Andri

7. Kelok 44
Kelok 44 atau dalam Bahasa Minang disebut Kelok Ampek Puluh Ampek ini berada di sekitar Danau Maninjau. Jika dihitung, kelok 44 ini jumlahnya lebih dari 44 kelokan, namun perhitungan kelok ini berdasarkan kelok-kelok yang menanjak curam.

Kelok 44. Foto: Adrial

8. Puncak Lawang
Sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui. Pepatah itu yang tepat diberikan di Kabupaten Agam ini. Pasalnya, ada tiga tempat wisata yang akan kita jumpai sekaligus, Danau Maninjau, Kelok 44, dan yang terakhir Puncak Lawang.

Untuk menuju Puncak Lawang, kamu akan melewati Kelok 44 dan hamparan pemandangan Danau Maninjau disebelahnya.

Puncak Lawang ini memiliki ketinggian 1.208 meter diatas permukaan laut, ditambah udara disini cukup dingin dan angin yang berhembus kencang dari arah Danau Maninjau menambah keindahan pemandangan dari Puncak Lawang ini.

Danau Maninjau dari Puncak Lawang. Foto: Adrial

9. Pantai Kata
Pantai yang terletak di selatan Kota Pariaman ini juga wajib kamu kunjungi jika ke Sumbar. Dari Pantai Kata ini juga  akan sekaligus menjumpai pantai yang tak kalah indahnya, yakni Pantai Cermin dan Pantai Gondariah serta Pulau Angsa Duo yang terkenal dengan pasir putihnya.

Pantai Kata, sekaligus pemandangan Pulau Angsa Duo. Foto: Andri

10. Jam Gadang
Jam Gadang desitinasi wisata yang harus dikunjungi jika ke Sumbar. Jam Gadang ini dalam Bahasa Indonesia berarti Jam Besar dan berada tepat di Jantung Kota Bukit Tinggi.

Sejak didirikan, menara jam ini telah mengalami tiga kali perubahan pada bentuk atapnya. Awal didirikan pada masa pemerintahan kolonial Belanda, atap pada Jam Gadang berbentuk bulat dengan patung ayam jantan menghadap ke arah timur di atasnya. Kemudian pada masa pendudukan Jepang diubah menjadi bentuk pagoda. Terakhir setelah Indonesia merdeka, atap diubah menjadi atap gonjong atau ciri khas dari Minang Kabau.

Atap Jam Gadang Kini, serta tampak angka romawi IV ditulis IIII. Foto : Adrial

11. Istana Basa Pagaruyung
Istana Basa Pagaruyung ini terletak di Batu Sangkar. Istana yang berdiri sekarang sebenarnya replika dari yang asli, sebab Istana asli yang terletak di Bukit Patah terbakar habis saat kerusuhan berdarah tahun 1804. Setelah itu Istana tersebut didirikan kembali tahun 1966 dan kembali terbakar akibat sambaran petir tahun 2007.

Akibat kebakaran tersebut, banyak peninggalan Istana yang dilahap api dan hanya terselamatkan 15% dan sekarang disimpan di Istana Silinduang Bulan yang berjarak 2 km dari Istana Basa.

Penulis : Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *