Pembangunan Infrastruktur yang Tidak Merata

Foto: Internet

Oleh: Elmida Fitri 

gagasan-online.com Infrastruktur adalah hal yang sangat penting menunjang segala kegiatan dan aktifitas masyarakat  baik dibidang pendidikan, ekonomi, jasa dan transportasi. Dengan adanya infrastruktur yang layak dan memadai semua itu akan terlaksana dengan baik.

Infrastruktur yang dibutuhkan dibidang pendidikan yaitu bangunan sekolah atau gedung serta sarana dan prasarana yang memadai agar terciptanya generasi-generasi muda yang terdidik dan berpendidikan. Untuk bidang ekonomi membutuhkan infrastruktur bangunan pasar yang memadai agar proses jual beli lebih efektif tanpa negganggu ketertiban dan keamanan.

Dibidang jasa membutuhkan infrastruktur gedung perkantoran serta sarana dan prasarana yang memadai guna untuk memberikan pelayanan yang baik dan bermutu kepada masyarakat. Sedangkan dibidang transportasi membutuhkan infrastruktur akses jalan yang layak dan memadai.

Jika semua infrastruktur itu memadai dan layak dioperasikan akan menunjang terciptanya pendidikan, ekonomi, jasa dan stransporasi yang memadai pula. Dan dengan begitu negara Indonesia mempunyai daya saing dengan negara lainny. Serta jika transportasi lancar ekonomi memadai dan jasa pelayanan yang baik maka akan tercipta pendidikan yang baik dan bermutu, karena maju mundurnya negara ini dimasa yangakan datang tergantung  pada kualitas pendidikannya.

Untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur itu tidaklah mudah, tentunya membutuhkan dana yang besar dan waktu yang cukup lama pula  serta proses manajeman dan pemantauan yang ekstra agar tidak adanya tindakan-tindakan kecurangan yang akan merugiakan rakyat dan negara.
Meskipun demikian pembangunan infrastruktur itu tetap harus dilaksanakan karena infrastruktur ujung tombak dari kesejahteraan rakyat serta bukti nyata dari kemajuan negara.

Hendaknya pemerintah mengoptimalkan dan meratakan pembangunan infrastruktur agar setiap daerah ada kemajuannya dan semua rakyat Indonesia merasakan kesejahteraan itu, tidak hanya satu atau di beberapa daerah saja. Khususnya infrastruktur dibidang pendidikan agar semua bibit-bibit bangsa ini bisa mengenyam dan mendapatkan pendidikan yang baik untuk masa depan yang lebih menjanjikan.

Tidak bisa dipungkiri masih banyak dijumpai fasilitas ataupun gedung pendidikan yang tidak memadai yang tersebar didaerah-daerah Indonesia. Bahkan selain gedung yang tidak layak digunakan jalan akses menuju lokasi pendidikan pun tidak memadai, tidak jarang mereka harus rela menempuh atau menyusuri panjangnya sungai demi menuju sekolah karena akses jalan penghubung (jembatan) yang tidak ada. Dalam proses pembangunan infrastruktur pemerintah sudah maksimal namun hanya di daerah-daerah tertentu saja.

Imbauan kepada pemerintah Indonesia khusunya periode 2014-2019 ini untuk bisa memeratakan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, karena yang merupan bagian dari Indonesia tidak hanya daerah-daerah perkotaan saja melainkan dari sabang sampai merauke. Agar tidak adanya ketimpangan sosial dan agar semua masyarakat merasakan dan menikmati kesejahteraan dan bisa mendapatkan feetback dari dana pajak yang mereka bayarkan setiap tahunnya.

Penulis berasal dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Prodi : Administrasi Negara 

Redaksi gagasan menerima tulisan berupa artikel, opini, cerpen, puisi, serta karya ilmiah lainnya. Redaksi berhak mengubah sebagian atau seluruh tulisan, sepanjang tidak mengubah maksud dan tujuan. setiap tulisan yang masuk akan menjadi milik redaksi

www.gagasan-online.com 
Portal Warta Digital
LPM Gagasan UIN Suska Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.