Ushuluddin-FST Basmi Penyakit Masyarakat Dengan Teknologi Informasi


gagasan-online.com : Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) bekerjasama mebangun aplikasi website pakarkita.com, website ini merupakan sistem pakar interpretasi Al-Qur’an corak AL-Adabiy Ijtima’iy. aplikasi ini sudah sudah dipublikasi sejak dua minggu lalu.

Sistem ini menampilkan informasi, penyelesaian yang tepat dan cepat berdasarkan jenis-jenis penyakit masyarakat menurut ilmu medis, Al-Quran dan Hadits menggunakan metode Bayesian Network. Ketua Tim Afrizal Nur mengatakan sistem pakar interpetasi Al-Qur’an atau penafsiran Al-qur’an ini dibangun dengan metode penafsiran tematik. Menurutnya penafsiran ini lebih mudah. “Kebanyakan masyarakat kita sibuk, kalau harus membaca per jilid.

Sudah banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini, terutama dari Fakultas Ushuluddin dan Faste. Metode ini menggunakan sistem pakar yang memudahkan masyarakat umum untuk berkonsultasi online seperti berdiskusi dengan pakar agama.

Aplikasi web ini baru ditujukan untuk Selat Panjang, Provinsi Riau.  Menurut Rahmad Kurniawan, perancang sistem, Selat panjang dinilai tepat menjadi sampel awal karena daerah ini cukup marak kejadian prostitusi, game online, narkotika, dan penyakit masyarakat lainnnya. Di dalam website ini  ada beberapa kategori seperti penyakit, gejala, akibat  dan solusinya. Aplikasi ini  dapat menggantikan pakar sehingga tidak perlu jauh datang kesana.

Sebagai perancang, Rahmad Kurniawan juga mengatakan banyak manfaat yang disediakan dalam aplikasi web ini. Antara lain tersedia kategori news, streaming, dan chatting. Serta aplikasi ini akan melakukan kerja sama dengan salah satu universitas di Malaysia.

Data yang tersedia di dalam aplikasi web dihimpun dari data-data dari  rumah sakit, Mabes Polri dan juga beberapa dosen UIN Suska Riau. Aplikasi web ini dibiayai dari dana Daftar Isian Penyelenggara Anggaran UIN Suska Riau. (Angel**, Aqib**)

gagasan-online.com
Portal Warta Digital LPM Gagasan
UIN Suska Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.