Peserta Diklatsar Gagasan Presentasikan Hasil Praktik Lapangan di Hari Ketiga

Penulis: Lia Resti Andani

Gagasanonline.com-Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Jurnalistik yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan di hari ketiga diisi kegiatan senam pagi dan disusul dengan presentasi dari hasil praktik lapangan.

Kakak Indra Purnama selaku Ketua Divisi Acara menjelaskan berita yang dipresentasikan berupa straight news, feature, karya sastra, video dan blog yang telah ditugaskan oleh masing-masing kelompok setelah sebelumnya melakukan liputan di hari kedua,

“Selanjutnya diisi dengan rangkaian kegiatan akhir,eperti presentasi kelompok. Sebelumnya selama 3 hari selain diberi materi peserta juga diberi tugas atau praktik langsung ke lapangan untuk melakukan kegiatan jurnalistik,” jelasnya, Minggu (28/11/2021).

Selain itu adapun kegiatan lainnya seperti pertemuan dengan Forum Pers Mahasiswa (Fopersma), penentuan kelompok terbaik dan ditutup dengan membagikan sertifikat kepada peserta.

“Kegiatan hari ketiga selanjutnya adalah temu ramah dengan Fopersma, pemberian apresiasi pada peserta dan kelompok terbaik, hingga penutupan acara,” ucap Indra.

Baca juga : LPM Gagasan UIN Suska Riau Adakan Diklatsar 2021

Indra mengaku salah satu kendala yang dihadapi saat acara berlangsung ialah susunan acara yang cukup padat sehingga beberapa kegiatan harus ditiadakan agar acara berjalan secara efektif.

“Diantaranya karena padatnya jadwal yang membuat panitia kewalahan untuk menghandle, sehingga ada beberapa rangkaian kegiatan yangg dipangkas atau ditiadakan,” akunya.

Walau ada beberapa kendala Indra mengaku acara tetap dapat berjalan dengan baik hingga akhir acara. Ia juga berharap peserta yang mengikuti Diklatsar dapat memiliki pengalaman dan memahami ilmu jurnalistik.
“Semoga Diklatsar 2021 ini bisa memberikan pengajaran dan pengalaman tentang apa itu jurnalistik, terutama bagi peserta,” harapnya.

Amrina Rosida salah satu peserta Diklatsar mengaku senang dengan kegiatan-kegiatan selama Diklatsar berlangsung. Amrina juga menceritakan keseruannya terutama kegiatan di hari ketiga. Walau banyak tugas yang harus dikerjakan ia tidak merasa keberatan karena dikerjakan secara berkelompok.

”Walapun dikasih tugas yang menurut saya atau mungkin kebanyakan teman-teman juga susah, tapi ternyata kalau dikerjain bersama juga seru. Jadi kami merasa tugasnya bukan beban lagi, tapi malah jadi kayak ajang buat berbagi dan menjadi pengalaman baru. Seru aja gitu,” ujarnya.

Baca juga : Hari Kedua Diklat Jurnalistik, LPM Gagasan Lakukan Praktik Lapangan

Dengan diadakannya Diklatsar ini Amrina berharap tumbuhnya rasa kekeluargaan antara satu dengan yang lainnya.
“Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini kita gak terpisah-pisah lagi. Semoga semuanya tetap sama-sama,” tutupnya.

Reporter : Annisa Firdausi
Editor : Annisa Firdausi
Foto : Dok.Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.