Himatif UIN Suska dan Progate Jalin Kerja Sama Adakan Bootcamp Gratis

Penulis: Suryani**

Gagasanonline.com – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatif) UIN Suska Riau bersama platform digital penyedia layanan kursus dan pembelajaran seputar coding secara daring Progate gelar bootcamp gratis untuk mahasiswa di lingkungan UIN Suska Riau, khususnya Program Studi Teknik Informatika. Bootcamp gratis ini merupakan bentuk dukungan Himatif dan Progate bagi mahasiswa yang tertarik dengan coding yang diadakan selama 12 hari, sejak 22 November sampai 3 Desember 2021 mendatang.

Koordinator kegiatan Farras Alhafizh mengatakan pelaksanaan bootcamp ini terpusat pada platform Progate. Semua komponen materi bootcamp tersedia dalam platform dan dapat diakses peserta sesuai dengan topik yang mereka pilih. Ada tiga topik yang tersedia, yaitu Html dan CSS, Sql dan juga Python. Setiap komponen materi sudah dilengkapi dengan latihan-latihan yang dapat dimanfaatkan peserta untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap topik tertentu. Nantinya peserta hanya perlu mempersiapkan device untuk mengakses materi secara mandiri.

“Pelaksanaan bootcamp bersama Progate ini sifatnya dinamis. Peserta bisa menyelesaikan materi kapan saja. Boleh pagi, siang ataupun malam selama masa pengerjaan belum habis,” kata Farras, Minggu (28/11/2021).

Ia menjelaskan, kegiatan ini dapat memberikan benefit yang lebih baik kepada peserta daripada menyimak penjelasan materi selama berjam-jam. Kegiatan belajar yang dinamis merupakan upaya pendekatan yang berbeda sehingga membuat peserta nyaman dan betah menyelesaikan setiap materi.

“Bootcamp ini pelaksanaannya dinamis. Peserta sudah di-provide by system. Materi yang disediakan oleh Progate up to date dan menyasar top trend teknologi masa kini. Selain itu, kegiatannya juga gratis,” jelas Farras.

Peserta bootcamp Irsa Aprianti mengatakan metode tersebut bagus untuk melatih mahasiswa belajar secara mandiri. Kendati begitu, tidak adanya batasan atau penetapan jadwal sering kali membuat peserta lalai dan abai, ditambah lagi padatnya jadwal perkuliahan setiap hari.

“Kegiatannya bagus. Kami belajar secara mandiri dari Progate-nya. Pengemasan materi juga bagus, apalagi ada latihan setiap topik. Sayangnya, kurang efektif di waktu. Tidak ada jam pasti sehingga tidak terpantau dengan baik,” kata Irsa.

Bagi Irsa, kegiatan bootcamp akan memperkaya pemahaman mahasiswa terkait topik ilmu tertentu. Ia berharap ke depannya UIN Suska Riau, khususnya Himatif, dapat kembali menggelar bootcamp dengan topik yang lebih menarik.

“Harapannya kegiatan seperti ini (red; Bootcamp) sering ada. Kalau mengandalkan materi dari dosen rasanya kurang sehingga kegiatan seperti ini memang perlu” tutup Irsa.

Reporter: Suryani**
Editor: Hendrik Khoirul
Foto: Tangkapan Layar Dok. Himatif 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.