Mahasiswi UIN Suska Riau Raih Juara 2 dan 3 Cabang Kompetisi Esai

Penulis: Windi Astuti*

Gagasanonline.com – Mahasiswi UIN Suska Riau meraih gelar juara dalam lomba Festival Keilmuan bidang Essay Competition yang diselenggarakan oleh FoSSEI Sumbagteng (Forum Silahturahmi Studi Ekonomi Islam Sumatera bagian Tengah) tanggal 4 sampai 5 September 2021. Mahasiswi tersebut ialah Suria Ningsih Mahasiswi Jurusan Manajemen yang mendapatkan peringkat ke-II dan Nelvi Rahmadani Mahasiswi Jurusan Administrasi Negara menduduki posisi ke-III.

Sebagai peserta lomba, kedua Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) ini harus mempersiapkan komitmen penuh untuk menyelesaikan tahap-tahap kompetisi tepat waktu. Sebab tidak hanya menulis, hasil naskah juga akan dituangkan dalam bentuk video presentasi.

Baca juga: Mahasiswa Bidikmisi UIN Suska Riau Boyong Juara 2 Nasional Kisah Inspiratif

Disamping itu, peserta juga dituntut untuk mengetahui akar permasalahan yang hendak ditulis ditambah dengan beberapa referensi akurat untuk menjawab persoalan-persoalan yang akan dibahas. Peserta juga harus memperhatikan sub tema yang diambil ada kaitannya dengan tema besar yang telah ditentukan.

“Kami diberikan ilmu mengenai cara menulis esai yang baik sesuai dengan tata cara penulisan esai dan peserta diberikan tugas untuk membuat esai dan ternyata esai kami diikutsertakan lomba Essay Competition. Setelah itu saya mengirimkan karya esai saya melalui email dan mengunggah video presentasi esai saya di Instagram pribadi dan tag Instagram festival keilmuan,” ujar Suria saat diwawancari pada Senin, 25 Oktober 2021.

Suria berharap kedepannya dapat mengharumkan nama UIN Suska Riau dengan mencetak prestasi pada lomba esai lainnya. “Menurut saya kegiatan seperti festival keilmuan ini sangat bagus karena dapat menambah wawasan serta pengalaman yang luar biasa dan tidak didapatkan di dunia perkuliahan,” tambahnya.

Baca juga: Dosen UIN Suska Riau Rado Yendra Dianugerahi Piagam Rekor MURI

Mahasiswi lain mengaku mengikuti kompetisi ini karena ketertarikannya dalam dunia menulis. “Saya mengikuti kegiatan ini sebagai bentuk penyaluran hobi karena memang saya suka menulis. Selain itu, juga menambah wawasan dan mendalami ilmu mengenai ekonomi syariah dan alhamdulillah dari sini juga dapat menjalin silaturahim dengan kader-kader yang berasal dari daerah lain,” ucap Nelvi.

“Apapun yang sudah ditetapkan menjadi milik kita tidak akan berpindah ke orang lain karena kita harus yakin dan terus berusaha, masalah hasil itu diakhir baru kita tau dengan jawabannya. Tetap jadi yang terbaik jika tidak baik dari segi hasil, minimal terbaik dalam segi usaha karena yang tau baiknya proses itu diri kita sendiri. Jadi, ingatkan ke diri sendiri untuk pelan-pelan mengambil ilmu dari media-media yang ada pada hari ini,” pungkasnya.

Baca juga: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Adakan FESTA Offline di Gedung PKM

Diantara bidang yang diperlombakan ialah Kelas Sumbagteng (Essay Ilmiah), Essay Competition dan Talkshow Keilmuan dalam festival yang bertemakan “Implementasi Semangat Level-Up dalam Akselerasi Pertumbuhan Skil dan Kualitas Pemuda Rabbani”. Namun tidak semua mahasiswa/i bisa mengikuti kompetisi ini, hanya mereka yang tergabung di FoSSEI Sumbagteng asal Komisariat Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat dan Jambi.

Sebelum mengikuti festival juga harus melalui KSEI (Kelompok Studi Ekonomi islam) seperti ForDEI (Forum Diskusi Ekonomi Islam) Rohis ISC Al-lqtishodi FEIS UIN Suska Riau. Kemudian memiliki surat delegasi, surat pernyataan orisinalitas dan surat-surat lainnya.

Reporter: Windi Astuti*
Editor: Puspita Amanda Sari
Foto: Dok/Suria Ningsih dan Nelvi Rahmadani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.