Mahasiswa Bidikmisi UIN Suska Riau Boyong Juara 2 Nasional Kisah Inspiratif

Penulis: Septi Khairani Fitri*

Gagasanonline.com – Namanya Aidi Syahriri. Laki-Laki kelahiran 2001 yang akrab disapa Aidi ini adalah mahasiswa semester V Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Aidi sukses masuk top 6 besar dan memboyong Juara 2 di ajang Unimal Bidikmisi dan Kip-K  kategori Kisah Inspiratif yang digelar oleh Universitas Malikussaleh, Aceh.

Pada ajang Unimal Bidikmisi dan Kip-K kategori Kisah Inspiratif yang dilaksanakan oleh Universitas Malikussaleh, Aceh ia mengangkat Judul “Derai Air Mata Hantarkan Aku Kuliah”. “Untuk kisah inspiratif baru mulai menggelutinya di awal-awal perkuliahan, bermula dari sebuah diary yang dibaca kembali sangat mengandung inspirasi, dari sanalah mulai mempublikasikan menjadi sebuah karya, dan  mengikut sertakan ke dalam lomba-lomba. Untuk judul, aku mengangkat sesuai tema yang ditentukan panitia lomba yang berkaitan dengan asa, mimpi melalui Bidikmisi,” tuturnya.

Aidi mengaku, dirinya mulai tertarik dengan dunia tulis menulis berawal dari buku catatan harian atau diary yang dimiliknya, walaupun tulisannya belum terstruktur dengan baik. Ia mulai merambah di dunia literasi sejak duduk di bangku SMA, hanya saja belum terealisasi hingga sampai ke Tahap Universitas.

“Kalau berbicara awal nulis, aku  lebih menulis ke diary sih, segala keluh kesah aku tuangkan ke diary itu, Ya tentu ada sangkut paut dengan diri pribadi bahkan sampai sekarang, bagaimana  cara menjalani hidup dari segala keterbatasan yang ada, nah dari diary itulah awalnya aku menulis, walaupun nulis di diary belum berstruktur,” tuturnya Via Whatshapp, Rabu (13/10/2021)

Aidi mengatakan, menulis baginya bisa diartikan sebagai hobi sekaligus belajar membagi waktu untuk kuliah. Menurut anak ke 3 dari 6 bersaudara ini, penulis haruslah pandai memanage waktu dengan baik, ia yakin kebiasaan memanfaatkan waktu dengan baik tentu akan dipermudah oleh Allah setiap usaha yang ia perbuat.

Saat ini Aidi berkecimpung di Organisasi HMPS Ilmu Hadits dan Forum Mahasiswa Bidikmisi UIN Suska Riau. Aidi merupakan penulis Buku Jejak Sang Pemimpi (Catatan Kisah Para Pejuang Bidikmisi) dan penulis Buku Antologi. 

Aidi berharap, ke depannya pihak kampus memberikan dukungan bagi mahasiswa berprestasi, salah satunya dengan pencairan dana perjalanan. “Sebelum keberangkatan, sejauh ini yang telah berlalu , menjalankan kegiatan dulu, baru proposal dicairkan, jadi terpaksa nyari talangan dulu biar tetap bisa berangkat,” katanya.

Impian Terbesar Aidi adalah Ia ingin terus berusaha membuat orang tua tersenyum dan membuat mereka bahagia.

Reporter: Septi Khairani Fitri *
Editor: Wulan Rahma Fanni
Foto: Dok. Aidi Syahriri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.