Tak Semua Mahasiswa Tahu, WR 3 Ungkap Ormawa yang Ada di UIN Suska Riau

Penulis: Manda Arsita**

UIN Suska Riau memiliki sejumlah Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mengetahui Ormawa apa saja yang ada di kampus. Hal itu seperti diungkapkan Mahasiswa Psikologi (Fpsi) Nawira.

Nawira mengaku hanya mengetahui beberapa Ormawa saja. Seperti Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Serta beberapa Unit Kegiatan Khusus/ Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM).

“UKK/UKM yang cukup aktif seperti KSR PMI dan Gagasan,” ucapnya pada Rabu (08/11/2023).

Senada, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Siti Fatimah mengetahui beberapa ormawa yang ada di UIN suska namun tidak mendetail. Dari internal seperti HMJ, Sema dan Dema.

“Eksternal Seperti (UKK/UKM) Pramuka, KSR PMI, UIN Suska Mengajar,” ucapnya, Sabtu (18/11/2023).

Menanggapi hal itu Wakil Rektor (WR) III Edi Erwan mengungkapkan Ormawa yang ada di UIN Suska terbagi atas tingkat universitas dan tingkat fakultas, yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minatnya.

Edi menjelaskan Ormawa tingkat universitas diantaranya Sema, Dema Universitas dan (UKK/UKM). Tingkat fakultas terdiri dari Sema, Dema F dan HMJ/HMPS.

Dikatakannya, untuk UKM terdiri dari Lembaga Pengembangan Prestasi Akademik (LP2A), Lembaga Pengembangan Riset dan Pengabdian Masyarakat (LPRM), UKM Seni, dan UKM Olahraga.

“Setiap UKM memiliki beberapa sub didalamnya,” katanya.

Sedangkan UKK terdiri dari Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI), Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan.

Edi menambahkan, selain itu ada beberapa Fakultas yang memiliki UKK-F/UKM-F. “Seperti Fakultas Sains dan Terknologi (FST) dan Tarbiyah dan Keguruan (FTK),” pungkasnya.

Reporter: Manda Arsita

Editor: Annisatul Fathonah

Foto: Dock. Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.