Prestasi UIN Suska Riau, Mahasiswa IAT Raih Juara III Lomba Poster

Penulis: Fira Wahyuni Putri

Gagasanonline.com – Muhammad Raffin Althafullayya Mahasiswa Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (IAT) UIN Suska Riau, meraih Juara III lomba poster IAT Bergema Internasional Jilid V yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) IAT UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Berlangsung dari 10 hingga 18 November 2023 dengan tema “Menelusuri Jejak Mufassir dan Melintasi Generasi: Membuka Pintu Menuju Pemahaman Yang Lebih Mendalam Terhadap Tokoh Tafsir.

Pada lomba Raffin mengangkat judul “Buya Hamka dan Tafsir Al-Azhar: Melintasi Waktu, Menginspirasi Generasi”. Pasalnya, Buya Hamka adalah sumber inspirasinya dalam dunia tafsir.

“Dedikasi dan kontribusi Buya Hamka dalam menyebarluaskan pengetahuan sangat banyak,” ucapnya, saat diwawancarai via WhatsApp, Minggu (26/11/2023).

Menurutnya, Buya Hamka tak kenal lelah dalam menuntut ilmu serta memberikan kebaikan dan keilmuannya kepada semua orang. Lika liku kehidupan terus dilaluinya, dengan semangat dan kegigihan.
“Beliau bisa melahirkan 118 karya dan yang yg terkenal adalah Tafsir Al Azhar,” katanya.

Selain itu, Raffin termotivasi dari
sosok Buya Hamka yang menjadi cerminan dari kekuatan dakwah melalui karya tulis yang menjadi amalan tak terputus. “Motivasi saya adalah dakwah dalam dunia menulis, menjadikan tulisan sebagai amalan jariyah dan berguna untuk semua orang,” ucapnya.

Ia berharap dapat menjadi generasi mufassir yang unggul dan berguna bagi dunia. Dengan keyakinan kuat bahwa ilmu yang diperoleh akan menjadi landasan bagi transformasi positif, dan berkomitmen untuk mendalami Al-Qur’an dan tafsir secara mendalam guna membawa manfaat bagi masyarakat luas.

“Harapan kedepan, insyaallah dengan Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir bersama kita menggapai menjadi generasi mufassir yang unggul dan berguna bagi dunia,” pungkasnya.

Reporter: Fira Wahyuni Putri
Editor: Annisatul Fathonah
Foto: Dock. Raffin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.