UIN Suska Riau Terapkan PermenPan-RB Terkait Jabatan Fungsional

Penulis: Sefrizel Rahayu

Gagasanonline.com – UIN Suska Riau akan menerapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPan-RB) Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2023 tentang jabatan fungsional. Rektor UIN Suska Riau Khairunnas Rajab mengatakan Peraturan tersebut berlaku mulai 01 Juli 2023 , akan tetapi semester genap tahun ini sudah mulai terhitung ke dalam sistem yang terintegrasi tersebut.

Dikatakannya peraturan tersebut berpengaruh untuk kenaikan jabatan fungsional dosen ke depan. Pasalnya dosen tidak perlu lagi mengajukan Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK).

“Karena sekarang dinilai dari laporan BKD online pada setiap semester yang terintegrasi dengan penilaian SKP tahunan dan terakumulasi ke angka kredit (PAK) dosen,” katanya.

Baca: PMB UIN Suska Riau 2023 Terima Mahasiswa dari Enam Jalur

Khairunnas juga mengatakan, penilaian angka kredit dosen terhitung mulai tanggal SKP dan PAK terakhir hingga 31 Desember 2022. Dengan catatan, dosen yang bersangkutan dapat mengajukan diri untuk mendapatkan pengakuan dan mengacu pada pedoman operasional PAK 2019.

“Bagi dosen bidang ilmu umum yang diajukan ke Kemendikbudristek dan pedoman operasional berdasarkan KMA 85. Sedangkan bagi dosen bidang agama yang diajukan ke Dirjen Diktis Kemenag RI,” ungkapnya.

Pengakuan PAK paling lambat diterima pada 15 Mei 2023 oleh Dirjen Diktiristek, dan tanggal 22 Mei 2023 oleh Dirjen Diktis Kemenag RI. Sedangkan proses penilaian akan dilakukan paling lambat 30 Juni 2023.

Terkait penerapan kebijakan tersebut, UIN Suska Riau telah melakukan langkah-langkah sistematis, mulai dari membentuk tim kerja tata kelola administrasi, tim penilai angka kredit dosen, hingga menetapkan mekanisme dan prosedur kerja pengajuan jabatan maupun pengakuan angka kredit dosen.

Editor: Windi Astuti
Foto: Dok. UIN Suska Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.