Minim Kebersihan, Mahasiswa FSH Keluhkan Sampah di Sekitaran Genangan Air

Penulis: Melsa Triamanda*

gagasanonline.comMahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Suska Riau mengeluhkan adanya genangan air kotor yang terletak di belakang Gedung Belajar FSH. Mahasiswa Jurusan Perbandingan Mazhab, Desi merasa tidak nyaman dengan kondisi gedung belajar yang kotor. Menurutnya petugas kebersihan tidak membersihkan sampah yang ada di kolam tersebut.

“Nggak nyaman dilihat dengan keadaan gedung belajar seperti itu. Tenaga kebersihan ada tapi nggak ada kelihatan sampah-sampah itu dibersihkan,” ucapnya melalui WhatsApp pada Minggu (30/10/2022).

Desi menjelaskan kolam tersebut merupakan genangan air, banyak sampah yang tersebar di sana. “Kalau dibilang kolam tapi kotor, sampahnya meluap dan banyak rumput gitu,” ujar Desi.

Desi berharap kebersihan di lingkungan kampus bisa lebih ditingkatkan. “Semoga tingkat kebersihan kampus bisa lebih baik, supaya belajarnya lebih nyaman lagi,” harapnya.

Senada dengan Desi, Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Zahrudin mengatakan sampah-sampah tersebut mengganggu penglihatan. “Kalau hujan biasanya sampah itu mengapung di pinggir, itu merusak pemandangan,” katanya.

Zahrudin juga menuturkan petugas kebersihan tidak membersihkan area sekitar genangan air tersebut secara menyeluruh. “Petugas kebersihan ada, tapi yang saya lihat mereka hanya menyapu daun kering aja,” tuturnya saat diwawancari via WhatsApp, Rabu (2/11/2022).

Sebut Zahrudin, kurangnya kesadaran mahasiswa dalam menjaga lingkungan belajar juga menjadi penyebab permasalahan tersebut. “Harapannya ada tempat sampah, ada sepanduk gitu dengan tulisan jangan buang sampah disini, jagalah kebersihan,” tutupnya.

Reporter: Melsa Triamanda*

Editor: Puspita Amanda Sari

Foto: Dok. Gagasan/Alfaridzi**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.