Mahasiswa Keluhkan Sertifikat Ma’had Tak Kunjung Diterima

Penulis: Mohd Azhima

Gagasanonline.com- Mahasiswa yang telah menyelesaikan program ma’had mengeluhkan lamanya waktu pembagian sertifikat. Salah satu Mahasiswa Aqidah Filsafat Islam, Merisona mengaku belum mendapatkan sertifikatnya sampai sekarang walaupun beberapa semester telah berlalu.

“Saya belum dapat sertifikat. Teman-teman kelas lainnya juga belum,” ucapnya saat diwawancara via WhatsApp, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Merisona sertifikat ma’had sangatlah penting. Sebab berdasarkan informasi yang ia ketahui, sertifikat tersebut merupakan salah satu syarat mengikuti munaqasah.

“Katanya itu menjadi salah satu syarat untuk ujian munaqasah. Jadi sebelum dibutuhkan sertifikat tersebut alangkah baiknya diberikan sesuai waktu yang telah dijanjikan,” ucapnya.

Mahasiswa semester tiga ini juga mengeluhkan saat mengikuti program ma’had di kampung secara online semasa libur semester.

“Dulu kami mengikuti kelas ma’had ini selama waktu libur, kadang jaringan susah, dan ada kendala-kendala lainnya. Jadi mohon agar pihak yang bertanggungjawab segera mengeluarkan sertifikat,” harap Merisona.

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua Ma’had Al jami’ah UIN Suska Riau, Azni mengatakan sertifikat sudah dalam progres dan sedang dalam tahap perbaikan.

“Kan sekolahnya (program ma’had) baru selesai Agustus kemarin, jadi sertifikatnya lagi diproses. Kemarin saya baru mengecek progres sertifikat, ternyata ada yang perlu diubah dan diperbaiki lagi. Kita bikin sertifikatnya bagus-bagus dan ditambahkan barcode-nya juga,” tutur Azni saat diwawancarai di ruangannya, Sabtu (26/11/2022).

Azni berjanji akan segera membagikan sertifikat ma’had secepatnya. “Diusahakan secepatnya. Setelah selesai kami yang akan membagikannya secara langsung dalam bentuk hardcopy,” tutupnya.

Reporter: Mohd Azhima, Ristiara Hariati Putri

Editor: Annisa Firdausi 

Foto: dok. Gagasan/Eviati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.