KKN Kebangsaan, Melayu Serumpun, Bersama dan Nusantara 2022 Dilaksanakan Juli Mendatang

Penulis : Annisa Al Zikri

Gagasanonline.com– Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan, Melayu Serumpun,Bersama dan Nusantara 2022 akan diadakan serentak pada Juli hingga Agustus mendatang. Syarat utama mengikuti keempat KKN ini ialah mahasiswa yang telah mendaftar sebagai peserta KKN.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Lembaga Pusat dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau, Lenny Novianti saat dijumpai. Selain telah mendaftar sebagai peserta KKN, peserta yang akan ikut juga telah mendapatkan rekomendasi dari pihak fakultasnya

“Mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan rekomendasi dari fakultas, IPK minimal 3,3 serta ikut dan aktif dalam berorganisasi,” ujarnya saat di wawancara di ruangan LPPM, Selasa (24/5/2022).

Lenny menjelaskan untuk wilayah keempat KKN ini disesuaikan berdasarkan pertemuan, dan khususnya wilayah Aceh diketuai sendiri oleh LPPM Aceh dan LPPM UIN Suska Riau sebagai wakilnya.

“Kami sudah diskusi untuk tempat dan sudah disurvei oleh semua LPPM. Di Aceh itu KKN Melayu Serumpun, KKN Kebangsaan dan Bersama itu digabung di Palangkaraya, dan KKN Nusantara di Papua,” ungkapnya.

Lanjutnya, terkait waktu keberangkatan KKN Melayu serumpun, Bersama dan Nusantara akan diberangkatkan serentak pada 1 Juli 2022. Sedangkan KKN Kebangsaan pada 15 Juli.

“Itu kesepakatan panitia. Namun untuk jangka waktu KKN semuanya sama, hanya tanggal berangkat yang beda,” ucap Lenny.

Lenny menambahkan tak ada perizinan khusus untuk mahasiswa, sebab mahasiswa yang terpilih ini diutus langsung dari pihak Universitas.

“Mahasiswa yang diutus sudah mewakili universitas, yang mengantar juga pihak universitas. Di sana nantinya akan ada pertemuan lagi dengan semua LPPM yang ikut mengantar,” ujarnya.

Terkait biaya transportasi dan dan akomodasi, Lenny menyebutkan keduanya ditanggung LPPM hingga waktu kepulangan.

“Untuk biaya selama disana ditanggung masing-masing , LPPM hanya menanggung biaya transportasi berangkat hingga pulang beserta penginapan pada hari pertama dan hari terakhir. Biasanya transportasi untuk pulang ditanggung panitia, namun adakalanya tidak. Ini berlaku untuk semua KKN,” ungkapnya

Menurut Lenny terdapat kendala saat proses penyeleksian pemilihan peserta KKN. “Sebab memilih yang terbaik itu susah, perlu pertimbangan untuk memilih yang terbaik dari yang baik,” ujarnya

Lenny berharap mahasiswa yang akan diberangkatkan mendapatkan hal yang positif , terutama pengalaman dan citra baik UIN Suska.

Reporter : Ashila Razani, Yulvira

Editor: Annisa Firdausi

Sumber Foto : dok.Gagasan/Yulvira

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.