Berhenti Overthiking, Lalukan Enam Hal Ini

Penulis : Windi Astuti

Berpikir berlebihan atau sering disebut dengan overthiking merupakan suatu kegiatan dimana seseorang terjatuh dalam pikiran di otaknya sendiri yang mengakibatkan kecemasan atau kekhawatiran pada diri sendiri.

Overthiking biasanya terjadi sebelum tidur dan adapun penyebabnya yaitu tingkat kecemasan yang berlebihan, depresi hingga mengalami stres akibat peristiwa traumatis yang membuat seseorang meragukan dirinya sendiri.

Bahkan overthiking dapat memengaruhi kesehatan tubuh hingga mental. Dimana gangguan mental adalah penyakit yang memengaruhi pola pikir, emosi dan perilaku dari penderitanya.

Dikutip dari katadata.co.id keduanya saling berhubungan hingga dapat dilihat ciri-ciri penderita gangguan mental yaitu, delusi yang meyakini sesuatu yang tidak nyata, halusinasi dimana sensasi ketika seseorang melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata, Perasaan hati berubah-ubah, Gangguan makan, dan perubahan pola tidur. Apakah kalian termasuk didalamnya?

Namun over thinking tentu dapat diatasi, adapun cara untuk ngatasi dari overthiking yaitu:
1. Berhenti sejenak dan cari penyebabnya.

2. Lakukan sesuatu yang berbeda.

3. Cobalah untuk berpikiran terbuka.

4. Tantang ketakutanmu sendiri.

5. Jika belum berhasil, ubah ketakutanmu menjadi sebuah antisipasi.

6. Beri batas waktu dalam mengambil keputusan.

Semoga beberapa cara ini dapat membantumu untuk mengurangi over thiking. Kurangilah overthiking, maka akan terjauh dari gangguan mental.

Editor : Annisa Firdausi

Foto : Istock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.