Ketua Sema Universitas Upayakan Pemilihan Dema Universitas Gunakan Sistem Pemira

Penulis: Iswatun Hasanah*

Gagasanonline.com – Jelang persiapan Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) UIN Suska Riau, Sema Universitas adakan rapat koordinasi bersama Sema Fakultas selingkungan kampus, Rabu (26/1/2022) lalu di ruang Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dalam rapat itu Ketua Sema Universitas, Deski Ramadhani menyebut akan mengupayakan pemilihan Dewan Universitas dilakukan dengan sistem Pemira (Pemilihan Raya). Meski begitu, dalam pemaparan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam (SK Pendis) tentang pemilihan Ketua Dema Universitas. Deski menyebut, penerapannya masih kurang akurat dilakukan di UIN Suska Riau lantaran pemilihan masih dibatasi, serta harus berpatokan pada surat rekomendasi dari pimpinan kampus.

“Sehingga, hal ini akan terus dikoordinasikan oleh pihak Sema Universitas untuk bisa memberikan kebebasan dalam pemilihan ketua Dema Universitas, agar bisa dilaksanakan dengan sistem Pemilihan Raya (Pemira),” kata Deski, Rabu (26/1/2022).

Deski juga mengaku, Sema Universitas belum bisa merancang dan mengesahkan Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK), lantaran Dema Universitas belum terpilih. Sehingga, lanjut Deski, dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh Ormawa selingkungan kampus.

“Guna berpartisipasi dalam membuat (merevisi) undang-undang, dengan adanya sosialisasi undang-undang dari Sema Universitas yang telah dibuat sebelumnya,” ungkapnya.

Diketahui, rapat ini merupakan rapat pertama Sema Universitas bersama Sema Fakultas. Dengan tujuan utama membangun silaturahmi antar-Sema. Selanjutnya, rapat dibagi 3 sesi yakni, sesi silaturami, sesi pembahasan hukum dan perundang-undangan mengenai tata tertib pemilihan Dema Universitas, serta sesi advokasi dan aspirasi dari Sema Fakultas.

“Rapat pertama sebagai pemantik awal aspirasi teman-teman Sema Fakultas terkait pemilihan Dema Universitas,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Ketua Sema Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Rizki Alfaridho Damanik mendukung langkah yang dilakukan Sema Universitas. Menurutnya, dengan adanya koordinasi ini, Sema Universitas dan Sema Fakultas bisa saling bersinergi melakukan terobosan baru.

“Sangat mengapresiasi, karena ini merupakan langkah awal dari Sema Universitas untuk berkoordinasi dengan fakultas, saling bersinergi antara pihak universitas dengan fakultas,” hematnya.

Kendati demikian, Deski berharap dengan adanya koordinasi ini bisa menjadi langkah awal silaturahmi. Sehingga rapat berikutnya bisa terlaksana.

“Selanjutnya bisa membahas program-program Sema Universitas yang lebih baik dan ada kerja sama antara anggota Sema Universitas,” tandasnya.

Reporter: Annisatul Fathonah*, Kakak Indra Purnama
Editor: Kakak Indra Purnama
Foto : Dok. Sema Universitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.