Santapan Wajib Kuliner Saat Hari Raya Idul Fitri

Santapan Wajib Kuliner Saat Hari Raya Idul Fitri

Penulis: Juan Aditya Pratama Putra**

gagasanonline.com – Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya, setelah satu bulan penuh menahan lapar dan dahaga, tibalah momen dimana seluruh umat Islam akan menyicipi beragam kuliner sebagai pelepas nafsu makan dan minum yang sudah ditahan selama satu  bulan lamanya. Di Indonesia, terdapat beberapa kuliner yang wajib di sajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri, adapun beberapa kuliner yang wajib di Hari Raya Idul Fitri dikutip dari cermati.com di antaranya:

1. Ketupat
Urutan pertama tentu saja diduduki oleh makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini, sebagai makanan wajib dan khas pada saat Lebaran. Rasanya seperti ada yang kurang saat Lebaran tanpa ketupat. Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Opor Ayam
Makanan wajib lainya saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Menu ini menjadi hal yang wajib ada saat Lebaran tiba. Makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran, makanan yang memiliki cita rasa khas gurih ini juga dapat Anda jumpai pada hari-hari biasa.

3. Sambal Goreng Ati
Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari Anda. Namun entah kenapa menu ini juga menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa sambal goreng ati. Hidangan ini berupa olahan kentang dan ati sapi yang digoreng terlebih dahulu. Kemudian barulah dicampur dengan sambal goreng. Meski sangat sederhana, sambal goreng ati menjadi menu favorit kebanyakan orang.

4. Rendang
Sebagai orang Indonesia terkhusus bagi Anda yang berasal dari Sumatra Barat, Anda boleh berbangga. Pasalnya makanan dengan bahan utama daging sapi ini, dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Tidak hanya itu makanan ini juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel & Adventure Show. Makanan ini dapat bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan.

5. Semur Daging
Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah Semur Daging. Namun tahukah Anda, makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa belanda. Semur yang berasal dari kata “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

6. Kue Kering
Sama seperti hidangan utama lainnya, hidangan kue kering juga harus ada saat Lebaran. Tak lengkap rasanya bila di hari Lebaran tidak ada kue kering. Sekarang ini kue kering memiliki banyak ragamnya, mulai dari Kastengel, Nastar, Sagu Keju, Putri Salju, Lidah Kucing dan masih banyak lagi. Nyatanya kue kering ini tidak hanya disajikan saat Lebaran saja, tapi pada saat hari-hari penting lainnya seperti Natal dan Imlek juga menyediakan kue kering di meja tamunya.

7. Kacang Goreng
Walaupun bukan termasuk makanan berat. Kacang goreng yang sering Anda temui pada penjaja makanan di bis atau dipinggir jalan, menjadi cemilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada dengan cara digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

8. Cemilan Lainnya
Sebagian besar orang juga melengkapi camilannya dengan berbagai macam jajanan lainnya seperti, varian permen, varian coklat, astor, dan biskuit. Jajanan seperti ini tentunya paling menjadi daya tarik anak-kecil hingga usia remaja, bahkan terkadang orang dewasa pun juga suka jajanan tersebut.
Beragam Kuliner diatas bisa dinikmati di momen Idul Fitri bersama sanak keluarga, maka dari itu kuliner bisa dikatakan menjadi suatu kewajiban di setiap tahun datangnya Idul Fitri.

Sumber Artikel: cermati.com
Foto: Internet/suara.com
Editor: Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.