Animasi 4D Hadir di UIN Suska

Gagasanonline.com– Animasi kini mulai digemari berbagai kalangan. Dengan teknologi, animasi kini mampu menghasilkan gambar 4 Dimensi (4D). Teknologi animasi berbasis 4D telah hadir di UIN Suska Riau yang di bentuk oleh Animasi Riset Team oleh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Terobosan teknologi animasi 4D tersebut bernama 4D Augmenter Reality masih terbilang baru di Riau yang juga mengisi perayaan Milad ke-13 UIN Suska Riau di Stand Expo UIN Suska, Sabtu (24/02/18). Animasi Riset Team ini juga mewakili UIN Suska Riau dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang di hadiri oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia beberapa waktu lalu.

Animasi Riset Team baru berjalan satu bulan dan memiliki target pembuatan buku yang menampilkan Animasi Augmenter Reality buku. “Masih 40% persiapannya,” ungkap Yaski sebagai anggota Animasi Riset Team. Untuk  dapat menampilkan Animasi Augmenter Reality harus menggunakan aplikasi khusus, tapi sangat di sayangkan Aplikasi ini tidak tersedia di Play store, biaya produksi yang mahal merupakan salah satu hambatan dalam proses pembuatan.

“Ya soalnya kalau kami mau kerja sama mereka, kami juga bayar sama mereka” ungkap Yaski anggota Animasi Riset Team .

Yeski menambahkan anggota Animasi Riset Team saat ini delapan orang. Produk dari  Animasi Riset Team ditujukan untuk pendidikan. Produk tersebut akan ditujukan pada dunia pendidikan untuk anak. Yang menjadikan produk berbeda dari produk lainnya adalah tampillan konten pendidikan bidang Agama dan konten budaya lokal sehingga tampilan 4D akan menambah ketertarikan anak untuk belajar. Produk yang sedang berjalan diantara konten lokal yang di angkat dalam Animasi 4D teknologi Augmenter Reality ini adalah ‘Tokoh Kaca Mayang.’

Yaski mengatakan pada Harteknas bulan Agustus yang akan datang, Riau akan menjadi tuan rumah. Universitas di Indonesia yang memiliki teknologi animasi akan mengikuti kegiatan tersebut, termasuk Animasi Riset Team yang akan mewakili UIN Suska Riau.

Penulis: Tika Ayu**

Editor: Hanif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.