Green Agriculture Community

gagasanonline.com- Resmi berdiri pada tahun 2014, Green Agriculture Community hadir sebagai komunitas yang bergerak di bidang pertanian dan peduli lingkungan. Komunitas ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertapet) UIN Suska Riau.

Ketua Green Agriculture Community, Eka Saputra mengakatan bahwa komunitas pertanian ini dibentuk sebagai wadah perjuangan yang akan melahirkan mahasiswa kreatif, inovatif, dan berkualitas. “Tentunya siap melakukan perubahan kearah kemajuan, sehingga dapat membuat Fapertapet UIN Suska Riau memiliki ciri khas tersendiri,” paparnya.

Berbagai aksi peduli lingkungan telah dilakukan di bawah komunitas ini, seperti budidaya tanaman organik. “Prospeknya untuk mengurangi penggunaan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida kimia bagi tanaman,” jelas Eka.

Selain itu, Green Agriculture Community melakukan kegiatan  pelatihan budidaya tanaman hortikultura seperti bayam, kangkung, dan kacang Panjang. “Kegiatan budidaya dan okulasi jeruk kuok beberapa waktu lalu juga.”

Eka berharap kedepannya Green Agriculture Community mampu menjadi perintis pergerakan mahasiswa dalam rangka ketahanan pangan dan kemajuan pertanian khususnya di provinsi Riau. “Kita juga ingin membangkitkan semangat generasi muda untuk berwirausaha dengan produk pertanian dan membuat produk yang berilai ekonomis,” tutupnya.

 

Penulis:  Yelmi Rahayu**, Dinda Oktavia**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.